Satgas TNI Nakes Jadi Pahlawan Kemanusiaan di Tengah Konflik Gaza

Satgas TNI Nakes Jadi Pahlawan Kemanusiaan di Tengah Konflik Gaza
Foto : Biro Humas kemhan

Riaurealita.com - Satgas TNI Nakes Gaza yang beberapa waktu lalu mendapat instruksi langsung dari Menteri Prabowo sebelum berangkat bertugas, saat ini (7/9/2024) melanjutkan misi kemanusiaannya di wilayah konflik dengan memberikan layanan kesehatan di Lapangan UEA. Rumah Sakit di Raffah, Palestina dan Rumah Sakit Terapung UEA di El Arish, Mesir.

Berjumlah total 34 tenaga kesehatan, gugus tugas ini dibagi menjadi dua tim yang bekerja di lokasi berbeda, memastikan masyarakat mendapatkan layanan medis yang dibutuhkan. Tim pertama terdiri dari 25 perawat yang ditempatkan di Rumah Sakit Lapangan UEA di Raffah, Palestina (10 orang) dan di Rumah Sakit Terapung UEA di El Arish, Mesir (15 orang).

Tim medis RS Lapangan UEA di Raffah mengawali aktivitasnya dengan kegiatan laporan pagi. Setelah itu, para dokter melaksanakan kunjungan dan pemeriksaan kepada pasien, sedangkan paramedis dan perawat menjalankan tugas sesuai bidangnya masing-masing.

Sementara itu, di Rumah Sakit Terapung UEA di El Arish, Mesir, tim medis berjumlah 15 orang juga menjalankan aktivitas medis secara maksimal. Rumah sakit terapung ini tidak hanya melayani pemeriksaan rutin, namun juga melakukan pelayanan operasi dan fisioterapi.

Pada hari yang sama (7/9/2024) pukul 15.00 waktu setempat, tim kedua yang terdiri dari sembilan nake tambahan tiba di El Arish, Mesir. Dipimpin oleh dr. Laksmana Sp.Rad, kedatangan mereka di RS Terapung menambah kapasitas pelayanan kesehatan di sana. Sembilan nake tambahan ini diberangkatkan dari Abu Dhabi menuju El Arish menggunakan C 130 Hercules milik TNI AU UEA

Tambahan tim ini menambah jumlah perawat di El Arish menjadi 24 orang yang akan membantu memperkuat pelayanan medis yang sudah berjalan, terutama dalam menangani kasus-kasus yang memerlukan perhatian khusus.

Kehadiran Satgas TNI Nakes sangat membantu masyarakat Gaza, Palestina yang menjadi korban konflik akibat agresi Israel. Para korban luka dan menderita berbagai penyakit mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan lengkap sehingga dapat segera tertolong dan cepat pulih kesehatannya.

Dengan situasi aman dan tuntas, Satgas Nakes TNI terus menunjukkan dedikasi dan profesionalismenya dalam memberikan pelayanan medis kepada masyarakat Palestina, baik di Raffah maupun di El Arish, Mesir.

Hingga saat ini, Rumah Sakit UEA baik di Palestina maupun di El Arish, Mesir, telah melayani total 48.704 pasien, termasuk melakukan 1.780 operasi.

Kehadiran Nakes TNI untuk Gaza menjadi bukti nyata komitmen Indonesia dalam mendukung misi kemanusiaan bagi rakyat Palestina.


Berita Lainnya

Index
Galeri