Siap-siap! Pemkab Inhu Bakal Anggarkan Beasiswa di 2017

Siap-siap! Pemkab Inhu Bakal Anggarkan Beasiswa di 2017
Ilustrasi
RENGAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) sudah dua tahun ini belum menganggarkan bantuan beasiswa untuk mahasiswa. Anggaran beasiswa untuk mahasiswa direncanakan baru akan dianggarkan pada APBD perubahan 2017 mendatang.
 
Tidak itu saja, Pemkab Inhu juga tidak memperhatikan keberadaan asrama mahasiswa di Jalan Guru Pekanbaru. Akibatnya, kondisi asrama berupa atap sudah mulai bocor dan biaya listrik dibebankan kepada mahasiswa.
 
Hal ini terungkap melalui hearing Komisi A DPRD Inhu dengan Ikatan Mahasiswa Inhu (IKAMIHU) Pekanbaru pada Kamis (14/7) petang. Hearing yang pimpin Ketua Komisi A Samsudin, juga dihadiri Ketua DPRD Miswanto SE dan Wakil Ketua DPRD Adila Ansori serta instansi terkait seperti Disdik, Bagian Kesra, Bagian Aset, Bagian Umum dan Bagian Keuangan.
 
Dari hearing tersebut disimpulkan bahwa, anggaran beasiswa baru bisa dianggarkan pada APBD 2017. Karena saat ini, DPRD Inhu sudah membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Inhu.
 
Penganggaran beasaiswa tersebut oleh Pemkab Inhu, juga menunggu proposal dari KAMIHU. Bahkan anggaran beasiswa tersebut hanya khusus untuk mahasiswa kurang mampu dan tidak ada beasiswa prestasi.
 
Sedangkan untuk asrama mahasiswa, pihak Bagian Umum bersedia turun dalam waktu dekat. Kondisi asrama yang memprihatinkan dapat dianggarkan melalui APBD Perubahan 2016.
 
Menanggapai hal itu, Ketua IKAMIHU Satrio Rachmazan didampingi pengurus dan belasan mahasiswa Inhu yang kuliah di Pekanbaru membenarkan sudah dua tahun tidak ada anggaran beasiswa. "Makanya, kami kembali mempertanyakannya melalui hearing dengan DPRD.bersama instansi terkait," ujarnya.
 
Hanya saja, melalui haering tersebut juga tidak membawa angin segar bagi mahasiswa yang menuntut ilmu di Pekanbaru. Namun demikian, agar dapat dianggarkan melalui APBD Perubahan 2017, dirinya bersama rekan yang lain tetap akan mempersiapkan proposal yang diminta Pemkab Inhu.
 
“Agak heran juga, kenapa tidak bisa dianggarkan untuk beasiswa prestasi dan hanya untuk mahasiswa kurang mampu,” ucapnya.
 
Kemudian sebutnya, untuk renovasi asrama juga sangat diharapkan. Sebab selama ini kondisi memprihatikan. “Asrama sangat membantu mahasiswa untuk mengurangi biaya pendidikan,” tegasnya. (max/hms)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri