Beruang Madu Mangsa Ternak Warga di Pelalawan, BBKSDA Riau Pasang Perangkap

Beruang Madu Mangsa Ternak Warga di Pelalawan, BBKSDA Riau Pasang Perangkap
Foto : BBKSDA Riau

Pekanbaru - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memasang kandang jebak di Desa Sungai Ara, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan. Kandang jebak dipasang setelah beruang madu dilaporkan masuk perkampungan masyarakat dan memangsa hewan ternak warga.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Genman Suhefti Hasibuan mengatakan, warga telah melapor ada aktivitas beruang yang masuk ke perkampungan masyarakat beberapa hari lalu.

"Dari laporan warga, beruang tersebut telah memangsa ayam ternak milik masyarakat pada waktu malam hari," ujar Genman dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/7/2024).

Atas laporan tersebut, tim dari Resort Kerumutan Utara menuju lokasi Desa Rangsang dan berkomunikasi dengan pihak Kepala Desa Rangsang untuk mengambil kandang penjebak dan akan dipindahkan ke Desa Sungai Ara, jelas Genman.

"Pada keesokan harinya, tim langsung berkoordinasi dengan Kades Sungai Ara terkait satwa beruang yang berkeliaran di wilayahnya. Lalu tim meminta kades dan warga untuk menunjukkan lokasi yang kerap dijumpai oleh satwa tersebut," terangnya.

Dilanjutkan Genman, Setelah dilakukan pengecekkan dibeberapa lokasi, tim memasang kandang jebak dilokasi yang sering dijumpai oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan Kades dan masyarakat disana terkena dampak oleh satwa yang setiap malam memangsa ayam ternak.

"Kades dan masyarakat disana meminta kami untuk mengevakuasi satwa tersebut, karena sudah tiap malam hewan ternak warga di makan oleh satwa beruang," ucapnya.

Setelah itu, tim menghimbau masyarakat untuk tidak mendekati kandang jebak yang telah terpasang, sambungnya.

"Perangkap ini akan terus dipantau, dan jika masyarakat melihat satwa beruang tersebut segera komunikasikan ke pihak BBKSDA Riau untuk dilakukan penanganan," tutup Genman.


Berita Lainnya

Index
Galeri