SERBA-SERBI

Resmi: Besok Masih Berpuasa, Lebaran Hari Rabu 6 Juli 2016

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifudin.
JAKARTA - Usai sudah Sidang Isbat untuk menentukan awal Lebaran atau 1 Syawal 1437 Hijriyah di Gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.
 
Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifudin menyampaikan bahwa posisi hilal menjelang maghrib masih berada pada posisi di bawah ufuk, berkisar -2 derajat 45 menit dan -0 derajat 49 menit, dari seluruh wilayah Barat sampai Timur.
 
"Hasil informasi hisab ini dalam sidang Isbat dengan mendengarkan laporan semua titik di semua provinsi, tidak kurang 90 titik tempat dimana petugas Kemenag di bawah sumpah," kata Lukman, Senin (4/7/2016).
 
Selain Sumatera Barat dan Aceh yang berada di posisi Barat, kata Lukman, tidak ada satupun hilal yang terlihat. Hasil rukyat itu sesuai dengan hisab yang telah dipaparkan sebelum sidang tertutup.
 
"Dengan demikian karena tidak ada melihat hilal maka sebagaimana lazimnya, maka bulan Ramadan diistikmalkan, digenapkan jadi 30 hari, maka besok hari Selasa masih berpuasa karena Ramadan jadi 30 hari, sehingga Syawal jatuh lusa hari Rabu 6 juli 2016," tutupnya.
 
Hadir dalam sidang ini Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin, Dubes Iran untuk Indonesia, Ketua Komisi VIII serta pejabat eselon di Kemenag.
 
Selain itu hadir juga perwakilan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan sejumlah Ormas. (max/okz)
 





Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video