Hari Ini, Tarekat Naqsabandiyah Sumbar Lebaran

Hari Ini, Tarekat Naqsabandiyah Sumbar Lebaran
Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Sumatera Barat saat melaksanakan salat Idul Fitri di Mushala Baitul Mak
PADANG - Penganut Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1436 H, jatuh pada hari ini, Senin (4/7/2016).
 
"Sudah kita tetapkan jauh-jauh hari. Kita Lebaran besok," kata pimpinan jamaah Tarekat Naqsabandiyah Sumatera Barat, Mursyid Syafri Malin Mudo seperti dilansir Republika.co.id, Ahad (3/7/2016).
 
Ia menuturkan, salat Idul Fitri akan dilaksanakan di Mushala Baitul Makmur Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang sekira pukul 07.00 WIB.
 
Syafri menjabarkan, penetapan awal Lebaran menggunakan metode hisab dengan cara menghitung 30 hari sejak awal puasa. Lebih dari 5.000 penganut Naqsabandiyah di Sumatera Barat sudah berpuasa sejak 4 Juni 2016. Dua hari lebih cepat dibanding keputusan pemerintah yang menetapkan awal Ramadan jatuh pada 6 Juni 2016.
 
Ia menjelaskan, penghitungan 1 Syawal berdasarkan kalander dengan metode hisab Munjid. Metode ini, kata Syafri, bersumber dari kitab Munjid yang dipercayai jamaah Naqsabandiyah secara turun menurun.
 
"Metodenya sudah ada. Malah, kita sudah bisa mengetahui 1 Syawal tahun depan," ujarnya.
 
Para jamaah Naqsabandiyah di Sumbar, yang tersebar antara lain di Padang, Kabupaten Solok Selatan, Pesisir Selatan dan Solok dijadwalkan mengumandangkan takbir Ahad (3/7/2016) malam usai melaksanakan ibadah salat Maghrib. Takbiran hanya dilakukan di dalam masjid dan surau, tanpa adanya tradisi pawai. "Nanti malam takbiran," kata dia.
 
Di Kota Padang, terdapat 50-an masjid dan mushala tempat peribadatan Tarekat Naqsabandiyah yang tersebar di Kecamatan Pauh, Lubuk Kilangan dan Lubuk Begalung. Pusatnya terletak di Mushala Baitul Makmur, Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang. (max/rol)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri