Biaya LASIK Mata dan Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Operasi

Biaya LASIK Mata dan Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Operasi

Riaurealita.com – Mata merupakan salah satu indra manusia yang sangat berharga. Dengan mata, kita dapat beraktivitas dan melihat keindahan dunia dengan leluasa. Sayangnya, sebagian dari kita ada yang kurang beruntung karena indra penglihatannya terganggu seperti rabun jauh atau mata minus (miopia), rabun dekat atau mata plus (hipermetropia) dan mata silinder (astigmatisme). Alhasil, kita menggunakan lensa kontak atau kacamata.

Namun, bagi anda yang sering beraktivitas, penggunaan lensa kontak atau kacamata tentu sangat mengganggu. Untuk mengatasi hal itu, saat ini sudah ada prosedur pembedahan mata untuk memperbaiki penglihatan, yaitu operasi LASIK. Nah, jika anda termasuk salah satu orang yang sedang mencari-cari informasi mengenai biaya LASIK mata, berikut kami bahas secara detail, silahkan disimak.

Pengertian LASIK

LASIK (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis) adalah prosedur pembedahan refraktif yang digunakan untuk mengoreksi masalah penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme. Prosedur ini melibatkan penggunaan laser untuk mengubah bentuk kornea mata, yang memungkinkan cahaya masuk dengan benar ke dalam mata, sehingga meningkatkan penglihatan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Biaya LASIK

  • Tingkat Kualifikasi dan Pengalaman Dokter

Biaya operasi LASIK dapat bervariasi berdasarkan tingkat kualifikasi dan pengalaman dokter yang melakukan prosedur tersebut. Dokter-dokter yang lebih berpengalaman atau yang memiliki reputasi yang baik mungkin akan mengenakan biaya lebih tinggi.

  • Teknologi yang Digunakan

Teknologi yang digunakan dalam prosedur LASIK mata juga dapat memengaruhi biaya. Misalnya, penggunaan laser terbaru dan teknologi pencitraan tingkat tinggi mungkin akan meningkatkan biaya operasi.

  • Metode dan Prosedur Tambahan

Beberapa pasien mungkin membutuhkan prosedur tambahan selain LASIK, seperti PRK (Photorefractive Keratectomy) atau LASEK (Laser Epithelial Keratomileusis). Biaya tambahan ini perlu dipertimbangkan dalam perhitungan total.

  • Konsultasi dan Pemeriksaan Pra-Operasi

Sebelum menjalani operasi LASIK mata, pasien harus menjalani serangkaian pemeriksaan pra-operasi dan konsultasi dengan dokter mata. Biaya untuk konsultasi dan pemeriksaan ini mungkin juga akan ditambahkan ke biaya total.

  • Jumlah Kedua Mata

Karena LASIK mata umumnya dilakukan pada kedua mata sekaligus, biaya operasi akan mencakup keduanya.

Kisaran Biaya Operasi LASIK Mata

Biaya operasi LASIK dapat bervariasi secara signifikan antara satu tempat dan lainnya. Secara umum, biaya operasi LASIK di Indonesia berkisar Rp. 15.000.000 per mata. Jadi, jika Anda ingin melakukan operasi LASIK untuk kedua mata maka biayanya berkisar Rp. 30.000.000. Selain itu, Anda akan dikenakan biaya administrasi dan pemeriksaan Pra LASIK sekitar Rp. 7.000.000. Namun, biaya tersebut dapat lebih tinggi tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan di atas.

Selain itu, beberapa klinik atau pusat pembedahan mata menawarkan paket harga yang mencakup biaya konsultasi, pemeriksaan pra-operasi, dan tindakan pembedahan, yang dapat mengurangi biaya keseluruhan.

Pertimbangan Penting

Meskipun biaya LASIK mata mungkin terdengar mahal, bagi banyak orang, koreksi penglihatan jangka panjang yang diberikan oleh prosedur ini dapat dijadikan sebagai investasi untuk diri sendiri bahkan mungkin bisa menghemat uang dalam jangka waktu yang lebih lama dengan mengurangi ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak.

Namun, penting untuk melakukan riset yang cermat dan berkonsultasi dengan dokter mata yang berkualitas sebelum membuat keputusan untuk menjalani operasi LASIK. Untuk memahami dan mengetahui semua biaya yang dibutuhkan, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan Dokter di KMN EyeCare. 

KMN EyeCare yang merupakan salah satu jaringan klinik mata tepercaya di Indonesia, menyediakan layanan LASIK dengan memanfaatkan teknologi mutakhir yang dikombinasikan dengan dokter spesialis LASIK Mata yang berpengalaman dalam berbagai kasus gangguan pada mata.

Layanan komprehensif di KMN EyeCare dapat menjadi kunci bagi Anda untuk kembali menikmati keindahan dunia yang penuh warna dengan penglihatan yang lebih baik.***


Berita Lainnya

Index
Galeri