Inggris Keluar dari Uni Eropa, Indonesia Diuntungkan?

Inggris Keluar dari Uni Eropa, Indonesia Diuntungkan?
Brexit

JAKARTA - Hasil referendum yang memenangkan keputusan keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau disebut "Brexit" memberikan sejumlah keuntungan bagi Indonesia.

Demikian dikatakan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan. "Ya sekarang dengan poundsterling melemah sampai 10-11 persen, kemudian yen menguat, ekspornya Inggris bisa jadi bagus dan ekspornya Jepang jadi tidak kompetitif, mungkin Indonesia jadi salah satu pilihan untuk mereka datang kemari," tutur Luhut di Jakarta, Senin (27/6/2016).

Luhut sebelumnya menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres membicarakan salah satunya terkait dampak Brexit. Dia mengatakan, Brexit bisa memberi dampak positif maupun negatif bagi Indonesia, karena itu Pemerintah harus menyiapkan diri terlebih lagi jika UU "Tax Amnesty" atau pengampunan pajak sudah jalan.

"Perputaran uang pasti akan banyak, mungkin dalam properti atau bisnis- bisnis lain. Kalau suasana atau iklim investasi kita bagus, keamanan kita bagus, tentu ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mereka datang ke Indonesia," tambah dia seperti dilansir republikacoid.

Menurut dia banyak investasi yang bisa ditawarkan Indonesia seperti infrastruktur, ekonomi, "hydropower" juga termasuk perdagangan. Namun, ia mengaku masih terlalu dini berkomentar mengenai dampak Brexit, tapi kesiapan perlu dilakukan dan semua kemungkinan yang terjadi telah dihitung dengan cermat. (das/rpk)


Berita Lainnya

Index
Galeri