Telkomsel Luncurkan Teknologi Canggih: Pembayaran Tol Tanpa Berhenti

Telkomsel Luncurkan Teknologi Canggih: Pembayaran Tol Tanpa Berhenti

Jakarta - Telkomsel dan Telkom mengenalkan Inovasi Jalan Tol Cerdas Terhubung Internet of Things (IoT), sebagai solusi bisnis digital untuk mengurangi kemacetan dan antrean di jalan tol. Teknologi mutakhir ini dipamerkan dalam Solution Day 2024.

"Apa yang bisa menciptakan solusi yang dibutuhkan, kuncinya ada tiga hal, yaitu inovasi, kolaborasi, dan kecepatan. Telkomsel ini harus jadi telco service leader di regional yang bisa empower bangsa ini untuk memiliki kehidupan lebih baik," tutur Direktur Utama Telkomsel Nugroho, dikutip dari Detikcom, Rabu (6/3/2024).

Lalu bagaimana cara teknologi ini bekerja?

IoT Connected Smart Highway memanfaatkan teknologi atau Radio Frequency Identification ini berupa perangkat elektronik berbentuk mungil yang akan mengirimkan identifikasi menggunakan gelombang radio.

General Manager Enterprise Platform, IoT, and Network Infrastructure Telkomsel, Gian Wijoyo, menjelaskan solusi tersebut memicu gerbang jalan tol terbuka ketika ada kendaraan mendekat. Dengan demikian, saat pengendara tak perlu lagi men-tap lagi kartu elektronik yang mana itu memakan waktu, terlebih jika terjadi eror atau kekurangan saldo.

"(Solusi ini) berpotensi lebih canggih dengan mengintegrasikan aplikasi pembayaran non-tunai Flo Apps di ekosistem Telkomsel Apps," jelas dia.

Gian memaparkan ada empat keunggulan solusi IoT Connected Smart Highway, yaitu meminimalisir waktu tunggu membayar tol, mengurangi kemacetan di gerbang tol, menciptakan pengalaman berkendara yang mulus di jalan bebas hambatan, dan potensi integrasi Flo Apps ke ekosistem Telkomsel Apps untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Dalam kesempatan Solution Day 2024, Telkomsel menandatangani nota kesepahaman dengan beberapa perusahaan, termasuk kerja sama di bidang Infrastruktur sebagai Layanan. Salah satunya adalah kemitraan dalam menciptakan Connected Smart Highway Ecosystem bersama Jasamarga Toll Road Operator.

Kolaborasi antara Telkomsel dan Jasa Marga ini ditujukan untuk melayani pelanggan di segmen korporat dengan menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan.


Berita Lainnya

Index
Galeri