Lama Dikeluhkan Masyarakat;

Bupati Akan Aspal Ruas Jalan Sako - Sungai Langsat, Hari Ini Tim Kementerian PUPR Survei Lokasi

Bupati Akan Aspal  Ruas Jalan Sako - Sungai Langsat, Hari Ini Tim Kementerian PUPR Survei Lokasi

Kuansing- Setelah bertahun tahun di keluhkan masyarakat, akhirnya di rencanakan tahun Anggaran 2024 ini ruas jalan Sako - Sungai Langsat Pangean akan di aspal. Hal itu di tegaskan Bupati Kuantan Singingi, Drs H Suhardiman Amby dihadapan ratusan warga disela Melayur Jalur Desa Sako Kecamatan Pangean, Rabu 21/2/2024 malam.

Seperti diketahui ternyata masih ada ruas jalan yang tak tersentuh pembangunan sejak Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau berdiri.

Pasca pemekaran 24 tahun lalu dari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Pangean yang terkenal dengan Negeri Pendekar itu masih ada wilayahnya tak tersentuh pembangunan pengaspalan jalan . Salah satunya jalan penghubung antar desa, padahal ada  ribuan penduduk hidup disana.

Menyikapi hal itu , Bupati H Suhardiman Amby menegaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing tahun ini (2024) akan membangun ruas jalan penghubung antar desa, yakni Desa Sako menuju Desa Sungai Langsat Kecamatan Pangean, pungkasnya.

Bupati bergelar Datuk Panglimo Dalam itu juga  menegaskan , saat acara Audiensi Bupati Kuantan Singingi Dengan Masyarakat sekaligus Melayu Jalur Baru Lintasan Kelok Agung Desa Sako Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Rabu (21/02/2024) malam.

“Tahun ini Pemkab Kuansing sudah menganggarkan pembangunan jalan melalui Inpres sepanjang 7 KM,” ucap Suhardiman.

“Dengan catatan 2 KM mesti dibantu PT CRS. Jika tidak akan kita portal dan stop jalan tersebut. Karena jalan tersebut dilalui oleh mobil CPO mereka (PT CRS),” tegasnya lagi. Ucapan Bupati Suhardiman pun  mendapatkan sambutan gemuruh dan tepukan riuh  ratusan  warga yang hadir.

“Jalan ini tidak pernah tersentuh semenjak kepemimpinan pak H Ruchiyat Saefudin (mantan Bupati Inhu),” tegas Suhardiman Amby.

Rencananya, ruas jalan ini akan di bangun dengan dana Inpres oleh Kementrian PUPR. Bahkan untuk kejelasan nya, Bupati Suhardiman Amby sempat bertanya kapan Tim Kementrian PUPR akan meninjau ruas jalan tersebit, kepada Kadis PUPR Kuansing, Zulkarnaen, ST, MSi.

Zulkarnaen pun menegaskan, jika besok pagi (Kamis, 22/02/2024) ,” tim. Kementrian akan turun.jawab Zulkarnain .

Pada kesempatan yang sama, Bupati Suhardiman Amby, juga memerintahkan Kalaksa BPBD Kuansing, Andrizul untuk melakukan peninjauan terhadap lokasi normalisasi sungai, dimana sungai ini berdampak banjir terhadap rumah warga disaat turunnya hujan.

“Pak Kalaksa BPBD, besok lakukan peninjauan dan lakukan normalisasi Sungai Sako, agar disaat hujan turun tidak lagi mengakibatkan banjir dan merendam rumah rumah warga kita,” instruksi Bupati.

“Siap pak Bupati, perintah segera dilaksanakan,” jawabnya dengan singkat dan tanggap dalam suasana penuh haru dari masyarakat setempat.

Sebelum melakukan penyulutan api perdana pelayuran jalur baru Lintasan Kelok Agung Desa Sako Pangean, Bupati Suhardiman Amby juga meresmikan Pasar Desa Sako. Dimana peresmian itu ditandai dengan pemukulan gong, dan disaksikan oleh tamu undangan serta ribuan masyarakat yang hadir.


Berita Lainnya

Index
Galeri