China Akan Blokir Google, Facebook dan Hapus Seluruh Komentar Daring

China Akan Blokir Google, Facebook dan Hapus Seluruh Komentar Daring
Ilustrasi.
JAKARTA - China meluncurkan kampanye untuk membersihkan komentar pada berbagai situs internet untuk mencegah penyebaran informasi berbahaya dan mendorong komentar yang lebih berguna dan berfaedah.
 
Administrasi internet China pada Selasa (21/6/2016) mengatakan bahwa tindakan tersebut bertujuan untuk memecahkan "masalah yang luar biasa".
 
Pemerintah China sudah melakukan kontrol luas di seluruh internet dan sudah berupaya untuk mengkodifikasi kebijakan tersebut ke dalam Hukumnya.
 
Mengutip pernyataan wakil kepala administrasi Ren Xinliang, China hendak melakukan "pembersihan" besar-besaran pada seksi komentar di berbagai situs internet dan memudahkan masyarakat untuk melaporkan bermacam konten ilegal dan berbahaya.
 
"Secara proaktif memelihara budaya internet sehat, positif, dan membiarkan komentar yang berbudaya, rasional dan respon dengan maksud baik untuk menjadi aturan daring," kata Ren.
 
Ia menambahkan bahwa media daring harus memastikan bahwa mereka sudah menyelesaikan tanggung jawab mereka kepada masyarakat dan berita yang diterbitkan bukan hanya sekadar "jebakan klik". Media juga harus memastikan bahwa komentar-komentar sudah dikontrol dengan tepat sehingga "internet akan semakin bermanfaat bagi masyarakat."
 
Otoritas mengatakan pembatasan internet, termasuk pemblokiran situs-situs terkemuka seperti Google dan Facebook, dibutuhkan China untuk memastikan terjaminnya keamanan nasional dalam menghadapi berbagai ancamaman, misalnya terorisme.
 
Sementara itu, pemerintahan asing dan kelompok pebisnis mengatakan pembatasan internet akan menjadi hambatan perdagangan dengan China. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri