Jangan Minum Kopi Saat Sahur Ya? Ini Efeknya

Jangan Minum Kopi Saat Sahur Ya? Ini Efeknya
Ilustrasi.
BANDUNG - Ahli gizi Ides Haeruman Taufik menyarankan bagi yang sedang berpuasa sebaiknya menghindari minum kopi saat sahur. Karena itu dapat berakibat tubuh kehilangan banyak cairan.
 
"Kopi itu bersifat diuretik sehingga intensitas buang air kecil menjadi lebih sering sehingga tubuh akan kekurangan cairan. Oleh karena itu hindari mengonsumsi kopi saat sahur, agar saat berpuasa tidak kehilangan banyak cairan," kata Ides Haeruman Taufik di Bandung, Senin (20/6/2016).
 
Ia mengatakan, selain diuretik kopi juga bersifat asam. Sehingga penderita maag atau gastritis cenderung akan merasa mual dan kurang asupan makanan. "Kopi itu sifatnya asam, ketika masuk ke lambung akan menambah tingkat keasaman lambung," katanya.
 
Bukan hanya kopi, teh kental dan minuman bersoda juga bersifat diuretik. Ia menyarankan, pada waktu berbuka puasa, mengonsumsi sebaiknya didahului makanan pokok. "Agar lambung tetap aman karena telah terisi," katanya.
 
Ides menambahkan selama bulan puasa lebih baik tidak mengonsumsi kopi yang mengandung dedak atau ampas kopi karena tingkat keasaman dan kafeinnya yang lebih tinggi. (max/rol/ant)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri