Antisipasi Wabah Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) Ternak Sapi Babinsa Koramil 06/Cerenti Kodim 0302/Inhu Cek Langsung Ternak Sapi Warga

Antisipasi Wabah Penyakit Mulut Dan  Kuku (PMK) Ternak Sapi Babinsa Koramil 06/Cerenti Kodim 0302/Inhu Cek Langsung Ternak Sapi Warga

Kuansing- Guna memantau dan mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kuku (PMK),  Babinsa Koramil 06/Cerenti Kodim 0302/Inhu Kopda Irwan beserta pemilik ternak saudara Ardi (36) melaksanakan pengecekan kesehatan hewan ternak sapi di Desa Lebuh Lurus Kec.Inuman Kab.Kuansing, Kamis (17/08/2023).

Babinsa mengatakan bahwa penyakit PMK ini ditandai dengan adanya pembentukan melepuh di mulut, lidah, gusi, luka pada kulit sekitar kuku, bahkan kuku bisa terlepas dan ternak terkadang tidak aktif atau lesu.

“Keadaan tersebut nantinya akan membuat hewan ternak pincang dan tidak mau makan serta hewan lebih sering berbaring,” ujarnya.
Babinsa menghimbau peternak untuk rutin membersihkan kandang pakan untuk diberikan pada  hewan ternaknya.

”Sekali lagi apabila ditemui gejala PMK, segera melapor kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan, sehingga dapat segera ditangani agar tidak terjadi penularan terhadap hewan lain," ungkapnya.

“Jagalah kebersihan kandang dan pakannya agar hewan ternak terhindar dari penyebaran virus penyakit mulut dan kuku (PMK), sehingga dapat menghasilkan hewan ternak yang sehat dan berkualitas, “terangnya Babinsa.


Berita Lainnya

Index
Galeri