Belum Serahkan Formulir Pendaftaran? Demokrat Masih Beri Waktu Hingga 30 Juni

Belum Serahkan Formulir Pendaftaran? Demokrat Masih Beri Waktu Hingga 30 Juni
Achmad

PEKANBARU -  Berkas calon Walikota dan Wakil Walikota serta calon Bupati dan Wakil Bupati yang melamar ke partai Demokrat untuk maju di Pilkada 2017 mendatang resmi diserahkan ke Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Riau, Jumat (11/6/2016).

Sebanyak 20 berkas bakal calon Walikota dan Wakil Walikota dan 13 berkas bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju di Pilkada serentak 2017 sudah diterima DPD Partai Demokrat.

Namun dari jumlah tersebut masih ada beberapa calon yang sudah mendaftar di Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Kabupaten, Kota belum mengembalikan dan melengkapi berkas. Tapi, DPD Partai Demokrat Provinsi Riau masih memberikan kesematan bagi calon yang sudah mendaftar namun belum mengembalikan berkas tersebut.

Seperti di Pekanbaru misalnya, dari 26 yang mendaftar ternyata hanya 20 yang mengembalikan formulir dan melengkapi semua berkasnya. Artinya masih ada 6 pendaftar yang belum mengembalikan formulir dan melengkapi berkasnya. Sementara di DPC Partai Demokrat Kampar dari 22 bakal calon kepala daerah yang mendaftar hanya 13 yang mengambalikan formulir dan melengkapi berkanya.

"Kepada yang mereka yang sudah mendaftar namun belum mengembalikan berkasnya, kita masih berikan kelonggaran sampai 30 Juni. Karena tahapan pengembalian berkas di DPC sudah berakhir, maka kami minta yang belum mengembalikan berkasnya bisa diantar langsung ke Pojka DPD Partai Demokrat Provinsi Riau," kata Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Riau, Achmad, M Si.

Selanjutnya, setelah penyerahan berkas ditingkat DPD ditutup. Maka DPD Partai Demokrat Riau akan menggelar sejumlah rangkaian tes jelang penyerahan nama bakal calon kepala daerah ke tingat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat. Diantaranya tes tertulis yang dijadwalkan 23 Juni. Kemudian tes wawancara akan dilaksanakan 18 Juli. Sedangkan untuk penyampain visi misi seluruh bakal calon dijadwalkan akan dilaksanakan 24 Juli.

Tes ini dilaksanakan, kata Achmad, untuk mengetahui sejauh mana kompetensi bakal calon ini terhadap pemerintahan seandainya terpilih. Kemudian manajemen pemerintahan, leadership, penguasaan wilayah yang dipimpimnya, pengetahuan tentang sosial dan budaya dan yang lebih penting adalah etika dalam pemerintahan.

"Kita ingin calon yang kita usungn nanti punya kompetensi, loyalitas, integritas dan etika," kata Achmad.

Penyampaian visi misi akan dilakukan secara terbuka dan diperkirakan akan dihadiri 500 kader partai demokrat. Mulai dari DPD, DPC Se Riau dan anggota fraksi se Riau dan kabupaten, kota. Penyampaian visi misi akan diagendakan secara resmi dan dijadwalkan akan dilaksanakan 24 Juli di hotel Arya Duta Pekanbaru sekaligus halal bi halal.

"Kami minta kepada Pokja Kota Pekanbaru dan Kampar, agar menyampaikan kepada kandidat calon  supaya ada peprsiapan," sebutnya.

Setelah seluruh tahapan ini selesai dilaksanakan, maka DPD Partai Demokrat Riau akan merekomendasikan bakal calon yang akan diusung untuk maju di Pilkada serentak nanti ke DPP Partai Demokrat.

"Kalau tidak ada halangan 1 Agustus kita akan sampaikan rekomendasi siapa calon kepala daerah yang akan kita usung ke DPP," imbuhnya. (yod)


Berita Lainnya

Index
Galeri