Ternyata Kelompok Ini Pelaku Serangan Bom di Istanbul

Ternyata Kelompok Ini Pelaku Serangan Bom di Istanbul
Setidaknya 11 orang dinyatakan tewas, dan 36 lainnya terluka, dalam serangan bom yang menargetkan sa

ISTANBUL - Serangan bom kembali mengguncang Istanbul, Turki baru-baru ini. Akibatnya, 11 orang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka. Kelompok Elang Pembebasan Kurdistan (TAK), cabang dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK), mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom mobil itu.

Serangan bom itu menargetkan satu bus polisi yang sedang melintas di satu jalan ramai pada pagi hari. Namun, TAK memperingatkan bahwa meskipun serangan itu tidak ditujukan untuk orang asing, Turki tak lagi aman bagi turis.

Diberitakan Reuters, seperti dikutip dari CNNindonesiacom, Turki merupakan destinasi pariwisata terbesar keenam di dunia, tapi posisinya terus merosot karena rangkaian pengeboman yang sudah menewaskan ratusan orang selama 12 bulan belakangan.

Perang di negara tetangga, Suriah, dianggap berdampak pada bertumbuhnya jaringan kelompok yang berhubungan dengan ISIS di Turki. Sementara itu, PKK masih terus melawan pasukan pemerintah demi menuntut daerah otonom di wilayah tenggara Turki.

Sementara itu, satu jet Turki menargetkan 8-10 orang diduga militan PKK di dekat perbatasan Irak.

Menurut beberapa sumber militer, para pemberontak itu terlacak sedang berada di Hakkari pada Kamis lalu. Mereka melewati perbatasan dari markas kepemimpinan PKK di daerah pegunungan di utara Irak.

Di Provinsi Van, Turki, baku tembak pecah dan polisi menembak tiga tersangka militan yang diduga akan melakukan serangan. 

Pemerintah menyebutkan bahwa PKK merupakan organisasi yang bertanggung jawab atas kematian lebih dari 40 ribu orang sejak angkat senjata pada 1984. (das/cnn)

 


Berita Lainnya

Index
Galeri