Jaga Tradisi , Adat Dan Budaya Plt Bupati Buka Pelatihan Batombo

Jaga Tradisi , Adat Dan Budaya Plt Bupati Buka Pelatihan Batombo

Kuansing- Pelatihan betombo sebagai agenda dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi untuk menjalin kerjasama dalam memiliki dan menjiwai petatah , petitih di Kabupaten Kuantan Singingi, Jum'at (26/05/2023).

Pelatihan betombo ini dihadiri langsung oleh Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM yang akrab juga di sapa Datuk Panglimo Dalam.

Hadir juga beberapa Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Drs. Yoserizal Zen, M.Sn, Asisten III Setda Kuansing Drs. Muradi, M. Si, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuantan Singingi Drs. Azhar. MM  serta para datuk-datuk pemangku adat peserta pelatihan betombo.

Pelatihan betombo ini merupakan kegiatan Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai upaya untuk membangkik batang terondam mempertahankan dan mengembalikan tradisi adat istiadat demi menjaga warisan tak benda yang ada di kabupaten Kuantan Singingi, serta ini juga menjadi visi misi Suhardiman Amby yaitu bermarwah atau dalam garis besarnya yakni berbudaya.

Pemateri yang dihadirkan dalam pelatihan ini adalah Ediwar, S. Sn., M. Hum., P. Hd Dosen Institut Seni Indonesia Padang Panjang tentunya merupakan seseorang yang sangat berpengalaman perihal tentang berbudaya.

Suhardiman Amby sangat mengapresiasi atas terselenggaranya pelatihan ini, sebagai wadah pengetahuan bagi perangkat adat atau pemangku adat. Selain itu, nantinya akan di buatkan juga sebuah buku yang terukur dan terstruktur materinya yang nantinya berisikan pantun yang tatanan isinya menarik dan mudah di pahami.


Berita Lainnya

Index
Galeri