Segera! Pemuda Dusun Koto Tuo Desa Kuntu Gelar Turnamen Sebrada

Segera! Pemuda Dusun Koto Tuo Desa Kuntu Gelar Turnamen Sebrada
Panitia Turnamen Mini Koto Tuo pada Tahun 2019.

KAMPAR – Pemuda Dusun Koto Tuo Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar kembali akan menggelar Turnamen Football Mini Koto Tuo tahun 2023. 

Turnamen ini biasa dikenal dengan Turnamen Sebrada–singkatan dari seberang danau. “Penyebutan nama sebrada berkaitan dengan lapangan mini tempat turnamen ini diadakan. Untuk bisa ke lapangan tersebut kita harus menyeberangi sebuah anak sungai atau yang disebut oleh masyarakat setempat dengan danau” jelas Yusuf, salah seorang panitia turnamen. 

Lokasi turnamen yang unik tersebut menjadi sebuah ciri khas dari turnamen ini, makanya tidak heran kenapa nama sebrada menjadi dikenal di masyarakat setempat. 

Posisi lapangan yang diapit Sungai Subayang dan “danau” tersebut juga membuat turnamen dinilai bisa menjadi ajang mempererat persaudaraan antar pemuda desa Kuntu dan juga dengan pemuda desa-desa tetangga yang juga ikut berpartisipasi dalam turnamen tersebut.

“Motivasi utama penyelenggaraan turnamen ini adalah untuk mempererat silaturahmi antar pemuda desa Kuntu maupun dengan pemuda desa-desa tetangga”, ujar Ashabul Kahfipanita turnamen.

Menurut ketua panitia, Halmaheri, penyelenggaraan turnamen sebrada pertama sudah ada lebih dari lima belas tahun yang lalu. “Turnamen sebrada pertama kali dihelat pada tahun 2007”, ujarnya.

“Idealnya turnamen sebrada merupakan turnamen tahunan. Namun, beberapa kali terputus karena beberapa alasan, salah satunya karena pandemi Covid dua tahun belakangan ini”, tambahnya.

Pada dasarnya turnamen ini murni diselenggarakan oleh dusun, namun tetap di bawah naungan dan dukungan desa.

“Kita sangat mendukung turnamen yang diadakan oleh pemuda dusun Koto Tuo ini”, jelas Kades Asril Bakar. “Dari turnamen ini kita berharap bisa menemukan pemuda-pemuda berbakat di ajang sepak bola lokal dan desa-desa tetangga”, tambahnya.

“Lebih dari itu, dengan berolahraga setidaknya pemuda-pemuda kita tidak lagi atau minimal bisa berkurang waktu mereka untuk main gadget”, pungkasnya.

Selain dari desa, biasanya ada juga anggota DPRD Kampar yang memberikan support untuk turnamen ini. “Terakhir kali turnamen ini diadakan dua tahun lalu. Ketika itu, pembukaan turnamen dihadiri oleh kades dan salah seorang anggota dewan”, cerita Ashabul Kahfi 

“Tahun ini kita memang baru memastikan dukungan dari kepala desa. Namun harusnya–dan semoga, tahun ini juga akan ada anggota dewan yang memberikan support-nya”, sambungnya.

Open Turnamen Football Mini Dusun Koto Tuo Desa Kuntu

Merujuk pada jadwal panitia, turnamen sebrada ini rencananya akan dimulai pada 27 Mei 2023 mendatang. 

Namun demikian, berapa lama penyelenggaraan turnamen dan penentuan hari puncak atau final turnamen masih menunggu penyesuaian jumlah pasti dari tim yang akan ikut berpartisipasi. 

“Kita masih membuka pendaftaran bagi tim yang ingin berlaga di turnamen ini. Jadwal lengkap pertandingan baru bisa kita putuskan setelah technical meeting dengan semua tim yang mendaftar”  ujar Halmaheri.

Berikut rincian uang pendaftaran dan hadiah yang akan diperoleh dalam turnamen ini:
Uang set: Rp.500.000

Hadiah:
Juara 1 :Rp.4.000.000+medali
Juara 2 :Rp.2000.000+medali
Juara 3 bersama: Rp.500.000
Top scorer: Rp.200.000

CP:Halmaheri (081238424244)
Jekra Sander (085374165186)

(DK)


Berita Lainnya

Index
Galeri