Operasikan Terminal 3 Ultimate, Angkasa Pura II Incar Rp1,5 Triliun

Operasikan Terminal 3 Ultimate, Angkasa Pura II Incar  Rp1,5 Triliun
Terminal 3 Ultimate, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang

JAKARTA - Terminal 3 Ultimate, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang fase I akan dioperasikan pada pertengahan Juni 2016. Pada fase I ini, kapasitas bandara baru bisa melayani hingga 15 juta penumpang per tahun, dari target total sampai 25 juta penumpang per tahun.

Saat beroperasi, PT Angkasa Pura II (AP II) (Persero) (AP II) mengincar pendapatan non aeronotica dari Terminal 3 Ultimate selama 6 bulan atau hingga akhir 2016 sebesar Rp1,5 triliun.

"Kurang lebih untuk terminal 3 ultimate kita akan memperoleh Rp 1 triliun sampai Rp 1,5 triliun selama operasinya 6 bulan ini. Satu angka yang baik tetapi kalau dilihat dari investasi kita lebih dari Rp 20 triliun. Itu suatu jumlah yang moderat," kata Direktur Utama AP II, Budi Karya Sumadi, Jumat (3/6/2016) di Jakarta.

Sedangkan secara keseluruhan, AP II menargetkan pendapatan pada bandara-bandara yang dikelolanya mencapai Rp7,5 triliun sedangkan laba bersih sebesar Rp1,8 triliun. Budi menambahkan, angka ini sebetulnya bisa lebih besar bila Terminal 3 Ultimate yang memiliki kapasitas 25 juta penumpang per tahun bisa beroperasi sejak awal tahun.

"Memang ini sedikit menurunkan margin ya kalau kita lihat menjadi 24 persen, tapi ini lebih kepada belum beroperasi penuhnya dari Terminal 3 Ultimate tahun ini. Jadi sumbangan terhadap pendapatan maupuncost-nya masih belum tergambarkan secarafull," tambahnya.

"Kita harapkan di 2017, Terminal 3 Ultimate dapat menyumbangkan pendapatan secara signifikan karena juga luasnya bidang yang bisa kita jual dari sisi sisi pendapatan non aeronotica-nya. Jadi ini akan menjadi penekanan untuk berupaya mendapatkan tambahan dari sisi non aeronotica," imbuhnya.

Terminal 3 Ultimate sendiri nantinya akan digunakan oleh semua penerbangan internasional dan domestiknya untuk maskapai Garuda Indonesia saja. Namun untuk operasi tahap awal ini, Terminal 3 Ultimate fase I hanya melayani penerbangan domestik Garuda Indonesia. (das/dtk)


Berita Lainnya

Index
Galeri