Segera Daftar! Seleksi Masuk 36 MAN Unggulan Tahun Ajaran 2023/2024 Sudah Dibuka

Segera Daftar! Seleksi Masuk 36 MAN Unggulan Tahun Ajaran 2023/2024 Sudah Dibuka

JAKARTA - Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) pada sejumlah Madrasah Aliyah (MA) unggulan untuk tahun ajaran 2023/2024 sudah dibuka. Ada tiga pilihan pendaftaran, yaitu Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).

Pendaftaran SNPDB dibuka secara daring, dari 9 Januari hingga 11 Februari 2023. Khusus untuk lulusan luar negeri pendaftaran dibuka sampai Maret 2023.

“SNPDB digelar untuk mendapatkan calon peserta didik terbaik, sekaligus membuka kesempatan bagi seluruh anak bangsa untuk berkompetisi mendapatkan layanan pendidikan terbaiknya,” jelas Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama M Isom di Jakarta, Selasa (10/1/2022).

SNPDB tahun pelajaran 2023/2024 sengaja dilakukan lebih awal. Diharapkan seleksi ini dapat menjaring lulusan terbaik siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs/SMP), dalam negeri maupun luar negeri, yang memiliki potensi kecerdasan tinggi di bidang akademik, keimanan, dan ketakwaan serta berkepribadian yang unggul, serta berwawasan kebangsaan yang tinggi.

Setiap kelompok madrasah memiliki keunggulannya masing-masing. MAN IC, misalnya, memiliki keunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta diperkuat dengan iman dan taqwa (imtaq). Keberadaan MAN Insan Cendikia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai magnet school, atau model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya.

Saat ini terdapat 24 lokasi MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia, memiliki total daya tampung siswa yang bisa diterima berjumlah 2.468, putra dan putri. Madrasah ini sudah kerap menggondol penghargaan olimpiade tingkat nasional maupun internasional.

MAN Program Keagamaan adalah Madrasah Aliyah yang menyiapkan peserta didiknya untuk mendalami ilmu-ilmu keagamaan Islam (tafaqquh fiddin). Tujuannya, mendidik mereka untuk menjadi ulama dan cendekiawan muslim nusantara.

Selanjutnya, MAN Program Keagamaan juga merupakan salah satu program unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama dengan penekanan pada kurikulum keagamaan yang padat serta penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Untuk MAN Program Keagamaan, terdapat 10 MAN-PK yang memiliki total daya tampung 500 siswa. Rata-rata menerima 48 siswa, kecuali MAN 1 Surakarta menerima 68 siswa.

Adapun Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri, memiliki keunggulan di bidang kejuruan dengan kekhasan agama Islam. MAKN dihadirkan untuk mempersiapkan peserta didiknya menjadi pengusaha, enterpreneur, dan pekerja yang siap bersaing dan berkompetisi di dunia kerja global.

Saat ini, Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) ada di dua lokasi, yaitu Ende (NTT) dan Bolaang Mongondow (Sulut) dengan total daya tampung 231 siswa. Rinciannya, MAKN Ende, NTT, menerima 96 siswa, MAKN Bolaang Mongondow, Sulut, sebanyak 135 siswa.

Cara Mendaftar SNPDB MA Unggulan Kementerian Agama

Kementerian Agama mengundang seluruh anak-anak Indonesia untuk mengikuti seleksi tersebut. Untuk mendaftar dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang SNPDB, silakan mengunjungi website https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id/.

Untuk mendaftar dan mengikuti proses SNPDB di 36 madrasah unggulan ini, langkah awalnya harus membuat akun yang akan digunakan selama proses SNPDB berlangsung, mulai dari pendaftaran hingga hasil kelulusan. Kemudian, calon peserta SNPDB harus memilih jalur pendaftaran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Calon peserta SNPDB juga harus memilih madrasah tujuan.

Dalam proses pendaftaran, setiap calon siswa hanya dapat memilih maksimal dua lokasi MAN IC. Calon siswa diminta untuk cermat dalam menentukan pilihan, khususnya pada pilihan madrasah dengan persaingan ketat karena jumlah pendaftar yang sangat banyak.

Setelah semua berkas yang diperlukan telah siap, silakan unggah berkas persyaratan sesuai dengan jalur pendaftaran yang dipilih. Kemudian langkah terakhir selesaikan pendaftaran agar dapat diverifikasi oleh panitia dan unduh bukti pendaftaran.***


Berita Lainnya

Index
Galeri