Waspada Wabah PMK Babinsa Wilayah Koramil 06/Cerenti Dim 0302/Inhu Babinsa Kontrol Kondisi Ternak Sapi Warga

Waspada Wabah PMK Babinsa Wilayah Koramil 06/Cerenti Dim 0302/Inhu Babinsa Kontrol Kondisi Ternak Sapi Warga

Kuansing- Babinsa Koramil 06/Cerenti Kopda Irwan dan Bapak jeri pemilik ternak cek kondisi ternak hewan sapi antisipasi wabah PMK di Desa Sikakak Kec.Cerenti Kab.Kuansing,Selasa ( 24/01/2023).

Babinsa langsung menemui warga yang memiliki hewan ternak Sapi yang tinggal di Dusun I Desa Sikakak dan memeriksa kondisi sapi tersebut bersama sama dengan gejala antisipasi akan tumbuhnya Penyakit Mulut dan Kuku.

Babinsa menyampaikan kepada pemilik hewan ternak sapi tersebut bahwa PMK sendiri merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh Apthovirus. Umumnya, penyakit ini menyerang hewan berkuku genap atau belah seperti sapi, kerbau, kambing, domba, babi, dan beberapa jenis hewan lainnya.

Secara umum, PMK menimbulkan beberapa gejala klinis yang sama. Berikut di antaranya Kepincangan, air liur berlebih atau berbusa, pembengkakan kelenjar submandibular, lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, lubang hidung, kulit sekitar teracak, dan puting, hewan terlihat lemah, sering berbaring, demam hingga 41 derajat Celcius.

Untuk itu Babinsa sampaikan pada para warga pemilik hewan ternak apabila didapati gejala tersebut segera menghubungi Dokter hewan ataupun Babinsa guna dilakukan pengecekkan dalam kesempatan pertama.


Berita Lainnya

Index
Galeri