Perbaikan UN untuk SMA Sederajat Dibuka, Daftar di Situs Ini

Perbaikan UN untuk SMA Sederajat Dibuka, Daftar di Situs Ini
Ilustrasi.
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka pendaftaran peserta Ujian Nasional Perbaikan (UNP) mulai tanggal 1 Juni 2016 hingga 16 Juli 2016. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs http://unp.kemdikbud.go.id.
 
"Waktu pendaftaran ini sesuai dengan Surat Edaran BSNP Nomor 0072/SDAR/BSNP/V/2016, tanggal 17 Mei 2016," ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Nizam melalui siaran pers, Kamis (2/6/2016).
 
Nizam mengatakan, surat edaran telah dikirim ke setiap Dinas Pendidikan Provinsi dan kabupaten atau kota, serta ke kantor wilayah Kementerian Agama. Nantinya akan diteruskan ke kantor wilayah kabupaten atau kota.
 
Surat edaran tersebut menyatakan bahwa UNP tahun 2016 diperuntukkan bagi peserta UN tahun pelajaran 2014/2015 dan 2015/2016 yang memenuhi persyaratan tertentu.
 
Syarat tersebut yakni memiliki nomor peserta UN seperti yang tercantum dalam kartu peserta UN 2015 dan 2016, serta memiliki nilai kurang dari atau sama dengan 55 pada mata ujian tertentu.
 
Panitia UN Tingkat Pusat akan menetapkan satuan pendidikan pelaksana UNP berdasarkan jumlah pendaftar.
 
Peserta UNP harus mendaftar ulang di satuan pendidikan pelaksana UNP pada tanggal 9 sampai dengan 11 Agustus 2016.
 
"Latihan atau simulasi UNP akan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 24 Agustus 2016," kata Nizam.
 
UNP akan dilaksanakan dalam bentuk ujian berbasis komputer (UNBK) dan diselenggarakan di sekolah-sekolah penyelenggara UNBK.
 
Hasil UNP akan dilaporkan dalam bentuk SHUNP yang memuat nilai mata ujian yang ditempuh pada UNP. Nilai yang digunakan bagi peserta UNP adalah nilai yang terbaik dari hasil UN dan UNP.
 
Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) Zainal A Hasibuan mengatakan, UNP juga disediakan bagi peserta UN yang belum melakukan UN atau belum menempuh UN secara lengkap.
 
"Mereka yang belum menempuh UN karena sakit dan pada saat UN susulan juga masih sakit, berhak menempuh UN perbaikan yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus sampai dengan  7 September 2016," kata Zainal. (max/kcm)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri