Lulusan Cum Laude Perguruan Tinggi Ternama Bisa Jadi PNS Tanpa Tes

Lulusan Cum Laude Perguruan Tinggi Ternama Bisa Jadi PNS Tanpa Tes
Ilustrasi.
JAKARTA - Pemerintah membuka sekitar 81 ribu lowongan dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2016. Dalam penerimaan tahun ini, lulusan terbaik perguruan tinggi ternama diberi kesempatan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) tanpa melalui tes. 
 
Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, pemerintah akan proaktif mencari lulusan terbaik perguruan tinggi berstatus cum laude. Lulusan terbaik ini hanya perlu memenuhi syarat administrasi untuk menjadi PNS. 
 
"Mahasiswa yang cum laude dan dari perguruan tinggi ternama, silakan masuk, mau pilih posisi di mana saja," ujar Yuddy. "Saya jamin tanpa tes, hanya syarat administrasi saja. Para rektor perguruan tinggi, silakan menghubungi kami jika ada mahasiwanya yang berprestasi." 
 
Yuddy menyebut mahasiswa yang lulus dengan indeks prestasi tinggi merupakan sumber daya manusia unggul. Pemerintah tidak boleh menyiakan-nyiakan lulusan yang berpotensi meningkatkan kinerja aparatur sipil negara. 
 
Sebagai informasi, hingga saat ini pemerintah masih menjalankan kebijakan penghentian sementara (moratorium) CPNS yang berlangsung sampai periode 2019. Namun, tahun ini pemerintah membuka penerimaan CPNS untuk tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan penegak hukum. Pemerintah juga membuka lowongan yang berkaitan dengan program unggulan Nawa Cita seperti infrastruktur, ketahanan pangan dan reformasi birokrasi. (max/wkc)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri