Makanan Berserat Tinggi untuk Kesehatan

Makanan Berserat Tinggi untuk Kesehatan

Riaurealita.com - Salah satu fondasi untuk memelihara kesehatan tubuh adalah dengan cara menjaga pola makan dan memilih makanan berserat tinggi.

Makanan kaya serat dapat membantu sistem pecernaan berjalan dengan baik. Di samping itu, makanan yang memiliki serat tinggi dapat mencegah terjadinya serangan jantung hingga membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Serat

Selain dapat mencegah terjadinya penyakit, di bawah ini adalah manfaat serat yang juga perlu untuk diketahui. Berikut manfaat yang akan diperoleh jika Anda mengonsumsi makanan berserat tinggi.

1. Melancarkan Pencernaan

Ketika Anda sulit untuk buang air besar (bab), penyebab susah bab dapat terjadi karena kurangnya tubuh menerima serat. Apabila Anda terlalu abai dengan peristiwa ini, tidak menutup kemungkinan akan timbul penyakit bernama sembelit, dan dapat berujung menjadi wasir jika tidak segera ditangani.

Jadi, sebaiknya konsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran agar proses percernaan berjalan dengan baik.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Adapun manfaat serat berikutnya, yaitu dapat menurukan kadar kolestorol. Pasalnya, jenis serat larut air memiliki tugas mengikat kolesterol di dalam pencernaan, sehingga serat tersebut akan mengeluarkannya dalam bentuk kotoran. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam tubuh dapat lebih terkendali.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat serat berikutnya adalah dapat mengontorl kadar gula darah. Mengonsumsi jenis serat yang larut air dapat mencegah naiknya kadar gula darah. Karena serat larut air memiliki fungsi mencegah terjadinya penyerapan gula pada tubuh.

4. Membantu Mengurangi Berat Badan

Banyak orang mengonsumsi serat untuk mecapai bentuk badan yang ideal. Makanan berserat tinggi memang memiliki kandungan yang bisa mengurangi berat badan. Dengan mengonsumsi serat rasa kenyang cenderung bertahan lama jika dibandingkan makanan tinggi gula seperti makan burger.

Makanan Pengganti Tinggi Serat

Makanan berserat tinggi dapat diperoleh dari beragam buah-buahan dan sayur-mayur. Namun, jika Anda termasuk dalam golongan praktis, dan lebih memilih untuk mencari makanan tinggi serat, Berikut ini adalah contoh makanan pengganti yang kaya serat dan baik untuk kesehatan, seperti dikutip dari https://sayurbuah-praktis.com di antaranya:

1. Jamur

Salah satu makanan pengganti sayur yang punya serat tinggi adalah jamur. Tak sedikit orang yang mengonsumsi jamur untuk mendapatkan serat yang terkandung di dalamnya. Jamur bisa diolah sedemikian rupa agar lebih lezat saat dikonsumsi.

2. Wakame

Wakame adalah jenis rumput laut yang berasal dari negeri matahari terbit. Makanan ini dapat dikonsumsi sebagai pengganti sayur. Agar lebih sedap saat dimakan, Anda bisa menyantap Wakame saat memakan mie ayam atau makanan berkuah lainnya.

3. Suplemen yang Memilik Kandungan Serat Tinggi

Saat ini sudah banyak tersedia suplemen tinggi serat yang dapat dikonsumsi. Kehadiran suplemen kesehatan dapat dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin lebih praktis dalam mengonsumsi serat tinggi untuk kesehatan tubuh.

Adapun hal yang perlu diperhatikan dalam memilih suplemen kesehatan, khususnya suplemen tinggi serat, yaitu dengan memperhatikan proses olahan dalam bentuk suplemen tersebut. Selain itu, pastikan suplemen yang akan Anda konsumsi sudah terdaftar di BPOM.

Itu tadi pembahasan ringkas mengenai makanan berserat tinggi, mulai dair manfaat serat, penyakit yang dapat terjadi akibat kurangnya serat dalam tubuh, hingga memilih makanan pengganti terbaik yang mengandung serat tinggi. 

Namun, jika Anda merasa sistem pencernaan Anda sedang tidak baik-baik saja, sebaiknya kunjungi klinik terdekat dan menanyakan soal keadaan yang sedang Anda alami ke dokter yang bertugas. 

Jangan pernah abaikan perihal kecil tentang kesehatan. Sebagaimana kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. ***


Berita Lainnya

Index
Galeri