Kuliah Umum FIS UNIKS, Hadirkan WR III UIR Dr. Admiral, SH., MH

Kuliah Umum FIS UNIKS, Hadirkan WR III UIR Dr. Admiral, SH., MH

Kuansing- Kuliah Umum Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023, mengangkat Tema : "Bisnis yang Sustainable dalam Perspektif Hukum", diselenggarakan pada hari Rabu 12 Oktober 2022, bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) UNIKS.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi Memorandum of Agreement (MoA) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) dengan Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Riau (UIR) dalam bidang peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia. 

Didaulat sebagai narasumber pada acara kuliah umum ini Wakil Rektor III UIR Dr. Admiral, SH., MH yang hadir bersama tim. Sementara dari UNIKS, dihadiri oleh Wakil Rektor I M. Irwan, SE., MM, Dekan FIS Rika Ramadhanti, S.IP., M.Si, Ketua Program Studi Administrasi Negara Emilia Emharis, S.Sos., M.Si, Ketua Program Studi Ilmu Hukum Aprinelita, SH., MH, Ketua Program Studi Akuntansi Rina Adriana, S.Ak., M.Si dan Ketua Program Studi Perbankan Syariah Meri Yuliani, SE, Sy., ME, Sy beserta seluruh dosen dan tenaga kependidikan FIS UNIKS. Peserta kuliah umum adalah mahasiswa semester I, III dan V dari seluruh Ketua Program Studi di lingkungan FIS UNIKS.

Ketua Panitia M. Iqbal, SH., MH dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan kuliah umum FIS UNIKS pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 ini diikuti oleh 400 orang mahasiswa.

"Peserta kuliah umum ini dihadiri sebanyak 400 mahasiswa terdiri dari mahasiswa semester I, III dan V dari 4 program studi (prodi) yang ada di FIS UNIKS, Prodi Administrasi Negara, Ilmu Hukum, Akuntansi, dan Perbankan Syariah", sampainya. 

Dekan FIS UNIKS Rika Ramadhanti, S.IP., M.Si pada sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum ini merupakan salah satu tindak lanjut pelaksanaan MoA FIS UNIKS dengan FH UIR dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi, yang telah diagendakan sejak bulan Agustus 2022.

"Diharapkan dengan kegiatan ini, mahasiswa dapat termotivasi untuk menjadi entrepreneur atau pelaku bisnis yang sustainable dan paham hukum", harapnya.

Dalam kesempatan ini, ia juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan UNIKS yang pada saat acara diwakili oleh Wakil Rektor I M. Irwan, SE., MM, atas dukungan yang diberikan institusi guna terlaksananya kegiatan kuliah umum FIS UNIKS.

"Ucapan terima kasih secara khusus disampaikan kepada seluruh panitia dan juga pihak sponsor yg turut berkontribusi atas kesuksesan acara kuliah umum ini, antara lain Bank Riau Kepri Syariah KCP Teluk Kuantan, Bank Syariah Indonesia KCP Teluk Kuantan, PT. Erlangga Cabang Teluk Kuantan, KUD Langgeng, PT. Riau Mas Bersatu dan beberapa sponsor lainnya", tutupnya. 

Kegiatan kuliah umum dibuka secara resmi oleh Rektor UNIKS melalui Wakil Rektor I M. Irwan, SE., MM. Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan permohonan maaf dari Rektor UNIKS yang tidak bisa menghadiri acara kita ini, karena juga sedang mengikuti acara diwaktu yang bersamaan yakni rangkaian acara hari jadi Kabupaten Kuantan Singingi ke-23 Tahun.

"Kegiatan kuliah umum ini diikuti dengan serius oleh seluruh mahasiswa, agar wawasan, pengetahuan dan mindset mahasiswa tentang bisnis dapat meningkat", pesannya. 

Acara kuliah umum dipandu oleh Zul Ammar, SE., ME selaku moderator yang juga merupakan Dekan FIS UNIKS Periode 2017-2021. Pada sesi pemaparan materi, Dr. Admiral, SH., MH menjelaskan terdapat 4 aspek yang harus diperhatikan untuk mencapai bisnis yang sustainable, antara lain : Pelaku bisnis, produk bisnis, hubungan bisnis dan penyelesaian sengketa bisnis. Dalam penjelasannya, beliau juga menekankan pentingnya brand dalam keberlanjutan suatu bisnis.

"Prinsipnya : Your brand is the image of product quality. Dengan demikian, ketika kita membangun sebuah brand, sama artinya kita sedang membangun image dari kualitas produk yang kita jual", jelasnya. 

Kegiatan kuliah umum diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta yang hadir. Pada saat sesi tanya jawab dibuka, banyak mahasiswa yang mengajukan pertanyaan. Salah satu pertanyaan datang dari mahasiswa Prodi Akuntansi, yang menanyakan tentang bagaimana tips dan trik bagi pelaku bisnis agar dapat bertahan di dunia bisnis dan bagaimana pula cara untuk mengatasi kebangkrutan dalam bisnis.

Semua pertanyaan yang masuk ke moderator dijawab dengan jelas dan rinci oleh narasumber, termasuk juga cara penyelesaian masalah dalam perspektif hukum apabila terjadi sengketa bisnis. Tema yang menarik, narasumber yang expert di bidangnya dan peserta yang antusias, telah membuat acara kuliah umum FIS UNIKS berlangsung dengan sukses. Seluruh peserta yang hadir tampak puas dengan penyampaian materi oleh narasumber.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada narasumber oleh Dekan FIS Rika Ramadhanti, S.IP., M.Si yang didampingi Wakil Rektor I M. Irwan, SE., MM. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan dilanjutkan temu ramah serta makan siang bersama di ruang makan FIS UNIKS.


Berita Lainnya

Index
Galeri