Bersempena Hari Jadi Kuansing Ke-23 Tahun, UNIKS Gelar Kuliah Umum, Hadirkan Narasumber Plt. Bupati, Kapolres, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri

Bersempena Hari Jadi Kuansing Ke-23 Tahun, UNIKS Gelar Kuliah Umum, Hadirkan Narasumber Plt. Bupati, Kapolres, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri

Kuansing- Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) menggelar kuliah umum atau stadium generale, bertajuk : “Kepemimpinan dan Membangun Karakter Mahasiswa yang Tangguh," Selasa (11/10/2022). Kuliah umum ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan ranggkain kegiatan hari jadi Kabupaten Kuantan Singingi ke-23 tahun.

Pelaksanaan kuliah umum yang diadakan, bersempena dengan hari jadi Kabupaten Kuantan Singingi ke-23 tahun ini, menghadirkan Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM (Datuk Panglimo Dalam), Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Kuantan Singingi AKBP. Rendra Okta Dinata, S.IK., M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Kuantan Singingi Nurhadi Puspandoyo, SH., MH (berhalangan hadir) dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Teluk Kuantan yang diwakilkan melalui Hakim PN Yosep Butar-Butar, SH.

Tampak hadir tamu undangan kuliah umum dari pihak eksternal seluruh pimpinan organisasi pemerintah daerah (OPD) Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan dari internal hadir pembina, pengawas dan pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Islam Kuantan Singingi (YPTIKS), pimpinan dan unsur struktural, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa UNIKS.

Ketua Pelaksana Kuliah Umum A. Mualif, S.Pd.I., MA menyampaikan dalam laporannya, kegiatan kuliah umum terlaksana berkat komunikasi aktif dan positif antara Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM (Datuk Panglimo Dalam) dengan Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes.

“Tujuan digelarnya kuliah umum ini, ikut menyukseskan rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Kuantan SIngingi ke-23 tahun, menjalin silaturahmi lintas sektoral antara UNIKS dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi”, ucapnya.

Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes pada sambutannya mengatakan, melihat dan mempelajari tantangan UNIKS saat ini, maka kita perlu membangun karakter mahasiswa yang tangguh, mahasiswa tidak hanya memiliki hard skill tapi juga soft skill yang mumpuni. Sudah menjadi komitmen kita bersama, untuk saling bersinergi dan melakukan akselerasi ekstra untuk menjadikan kampus UNIKS yang berkemajuan dan unggul, serta menjadi kebanggaan masyarakat kita di Kabupaten Kuantan Singingi.

“Untuk mencapai visi UNIKS, harus melibatkan stakeholders, baik dari internal dan eksternal, maka diperlukan komitmen yang kuat dari  pimpinan untuk bersinergi dengan seluruh jajaran yakni dukungan sumber daya finansial dari yayasan, dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat, bantuan dari perusahaan swasta, kepercayaan dan dukungan dari masyarakat serta berbagai pihak terkait lainnya”, tuturnya.

“Banyak orang atau masyarakat yang mencintai UNIKS, menaruh harapan yang tinggi pada kampus UNIKS dan mendukung kemajuan UNIKS, karenanya kita mengharapkan dukungan itu semua, terutama dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singngi di bawah kepemimpinan Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM (Datuk Panglimo Dalam)” tambahnya.

“Adik-adik mahasiswa calon pemimpin masa depan. Saya ingin berpesan bahwa seorang pemimpin itu bagaikan nahkoda sebua kapal. Jika mengahadapi angin atau badai, jangan salahkan angin atau badai mengarah kemana. Angin dan badai mengarah, tapi bagaimana kepiawaian nahkdoa mengatur layar agar kapal tetap sampai ke tujuan dengan selamat”, tutupnya berpesan.  

Ketua Dewan Pembina YPTIKS Prof. Suwardi MS mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi dan UNIKS hendaknya saling isi mengisi demi kemajuan negeri tercinta.

“Kita mendapatkan kehormatan dari Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM (Datuk Panglimo Dalam), atas nama yayasan kami mengucapkan terimakasih pada dukungan yang diberikan selama ini untuk kemajuan UNIKS. Mudah-mudahan akan dapat ditingkatkan usaha kita untuk UNIKS dan kemajuan Kabupaten Kuantan Singingi. Sehat selalu Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM (Datuk Panglimo Dalam)”, tuturnya yang juga tokoh pendiri Kabupaten Kuantan Singingi ini.

Paparan Materi Kuliah Umum atau Stadium Generale

Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM (Datuk Panglimo Dalam) memulai paparan materinya pada kuliah umum atau stadium generale dengan mengemukan potensi Kabupaten Kuantan Singingi dibidang perkebunan kelapa sawit, jangan sampai potensi ini di ambil oleh pihak lain dan tanah kita habis di kapling oleh asing. 

“Saya berharap UNIKS membentuk karakter kepemimpinan yang kuat, jika tidak akan tertinggal. Kepemimpinan harus dibekali dengan kemampuan dan potensi, yang berwawasan, berakhlak dan beradap. Kepemimpinan yang tidak punya literatur dan hanya gaya-gayaan, maka hanya seperti kepemimpinan di hutan”, sebutnya. 

Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM (Datuk Panglimo Dalam), juga menyinggung kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), bukan untuk meninggalkan UNIKS, tapi kita berbagi porsi sesuai dengan harapan dan tujuan. 

“UNIKS usianya kini 9 tahun, Kabupaten Kuantan Singingi usianya 23 tahun, maka mari kita sama-sama harus sejalan. Jadikan UNIKS sebagai tempat kajian akademis, terukur dengan literatur standar internasional dan memberikan kontribusi bagi Kabupaten Kuantan Singingi”, harapnya.

Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM (Datuk Panglimo Dalam), juga menyampaikan indikator keberhasilan seorang pemimpin, yakni : Pribadi yang disukai, sifat dan gesturnya, akselerasi percepatan dan pembaharuan serta menghadirkan perubahan.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Kuantan Singingi AKBP. Rendra Okta Dinata, S.IK., M.Si memaparkan materi mengenai pencegahan kejahatan.

“Kejahatan mengikuti dan menyertai masyarakat. Kejahatan adalah bayang-bayang dari peradaban. Kita jangan sampai menjadi pelaku kejahatan. Berbuat jahat sesuatu yang buruk, itu telah diajarkan kepada kita sedari kecil”, tuturnya. 

Kapolres Kabupaten Kuantan Singingi AKBP. Rendra Okta Dinata, S.IK., M.Si juga memberikan tips, agar kita tidak terlibat dalam kejahatan, baik itu pelaku, korban dan melihat (saksi), yakni dengan cara menjadikan polisi di lingkungannya sendiri dan dapat pula mahasiswa menjadi agen pencegahan kejahatan dalam masyarakat. 

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Teluk Kuantan yang diwakilkan melalui Hakim PN Josep Butar-Butar, SH memaparkan materi terkait aspek kepemimpinan peradilan belajar dari kegagalan dan akan membentuk karakter mahasiswa, kegagalan memang kata yang ditakuti, mengakibatkan kecewa, malu dan putus asa.

“Manfaat dari kegagalan itu ada, seperti sadar akan kelemahan diri, sikap hati-hati, kreatif, kerja keras, bijaksana dan rendah hati. Solusi dari kegagalan juga ada yakni, akui perasaan kecewa, beri waktu dan ruang introspeksi, kontrol kerusakan yang terjadi”, ungkapnya.

“Ada nilai pemimpin yang disebut leader shipcore values, yakni tangguh, jauhi godaan, hadapi fitnah, tetap kuat tidak menyerah, tidak mengasihani diri dan tidak putus asa”, tutupnya.

Acara kuliah umum atau stadium generale ditutup dengan pemberian piagam penghargaan kepada masing-masing narasumber dan pembagian piagam penghargaan kepada mahasiswa UNIKS yang berprestasi dibidang akademik dan non akademik selama tahun 2022, sebagai bentuk apresiasi Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes agar mahasiswa lainnya dapat menorehkan prestasi dan mengharumkan nama UNIKS di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional, sebab mahasiswa UNIKS mampu bersaing di tingkat manapun.


Berita Lainnya

Index
Galeri