Kepala BPS Kuansing Resmi Menutup Pelatihan Calon Petugas Regsosek 2022

Kepala BPS Kuansing Resmi Menutup Pelatihan Calon Petugas Regsosek 2022

Kuansing- Pelatihan Calon Petugas Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022. Resmi ditutup oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kuantan Singingi.

Pelatihan Calon Petugas Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 dibagi 5 gelombang dipusatkan  di Hotel Alpha Pekanbaru.

Pendataan Regsosek merupakan pendataan kesejahteraan sosial ekonomi bagi seluruh penduduk Indonesia sebagai salah satu strategi pelaksanaan reformasi sistem perlindungan sosial, kata Ir Budianto Kepala Badan Pusat Statistik Kuantan Singingi, Minggu (09/10/2022).

Pendataan awal Regsosek akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah.

Selain itu juga digunakan untuk kepentingan perencanaan dan evaluasi pembangunan. Data Regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten, ujar Budianto.

Tujuan dari Pendataan Awal Regsosek adalah untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Kemudian, Ir Budianto dalam sambutannya juga menyebutkan, bahwa peran petugas sangat penting untuk mewujudkan visi BPS yaitu sebagai Penyedia Data Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju. 

Dengan adanya pelatihan calon petugas ini diharapkan seluruh petugas dapat memahami konsep dan definisi, memahami isi kuesioner yang akan digunakan, dan berlatih wawancara. Mengatur strategi pelaksanaan lapangan dengan tetap memperhatikan kualitas data, pungkasnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri