Panduan Memilih Mesin Tempel Untuk Kapal Anda

Panduan Memilih Mesin Tempel Untuk Kapal Anda

Anda sedang berniat memberi mesin kapal tempel baru? Maka artikel ini sepertinya adalah bacaan yang tidak boleh Anda lewatkan. Memilih mesin kapal tempel mungkin sedikit menjadi tantangan bagi Anda, apalagi jika Anda belum berpengalaman dan memahami seluk beluk mesin kapal tempel.

Berikut adalah beberapa panduan sebelum Anda memilih mesin kapal tempel

1. Kenali jenis mesin

Ada 2 jenis mesin kapal tempel yang beredar di pasaran, mesin kapal tempel 2 tak dan 4 tak. Mesin kapal tempel 2 tak adalah mesin kapal tempel yang sudah mulai ditinggalkan, sebab meskipun memiliki bobot ringan dan respons yang baik jika mesin ini dinilai menyumbang polusi lebih banyak pada lingkungan. Karenanya kini industri produsen mesin kapal tempel seperti Suzuki Marine lebih fokus pada mesin kapal tempel 4 tak yang lebih bersih dengan kinerja yang lebih halus. Mesin kapal tempel 4 tak juga dinilai lebih efisien dibanding mesin kapal tempel 2 tak.

2. Injeksi bahan bakar mesin kapal tempel yang digunakan

Faktor pertimbangan lainnya juga adalah sistem injeksi bahan bakar yang terdapat pada mesin kapal tempel yang akan Anda pilih. Adapun beberapa jenis sistem injeksi bahan bakar mesin kapal tempel yang ada di pasaran antara lain adalah: 

- Sistem injeksi bahan bakar langsung atau Direct Fuel Injection (DFI) 

Sistem injeksi ini bekerja dengan cara memasukkan bahan bakar ke dalam silinder, sementara piston pada mesin akan menutup katup buang. Proses ini yang akan mencegah bahan bakar terbuang percuma dan jadi lebih irit. Sistem injeksi bahan bakar mesin kapal tempel ini juga dipercaya mampu meningkatkan tenaga mesin, dan memiliki emisi rendah. 

- Injeksi bahan bakar elektronik atau Electronic Fuel Injection (EFI) 

Cara kerja sistem injeksi ini adalah dengan membuat campuran bahan bakar yang disuntikkan ke udara pada saat silinder belum mencapai katup intake. Semprotan bahan bakar inilah yang akan menurunkan suhu pada katup intake serta memicu penguapan sebelum ruang pembakaran. Campuran bahan bakar ini kemudian memercikkan api yang dinyalakan oleh busi hingga akhirnya mesin bisa bekerja. Keunggulan sistem injeksi ini adalah emisinya yang rendah serta konsumsi bahan bakar yang irit tanpa mengurangi performa. 

3. Ukuran kapal & mesin kapal tempel

Memperhatikan ukuran kapal atau perahu Anda dan juga ukuran mesin kapal tempel pilihan Anda juga hal yang penting. Sebagian besar kapal telah memiliki standar spesifikasi mesin kapal tempel yang sesuai dengan kapasitasnya. Bahkan beberapa kapal telah dilengkapi juga dengan rekomendasi mesin yang cocok untuk jadi penggeraknya. Pilihlah dengan cermat mesin kapal tempel dan daya tenaga yang dihasilkan. Pastikan mesin kapal tempel yang Anda pilih sudah sesuai dan tidak membahayakan Anda dan penumpang saat dibawa berkendara menyusuri perairan. 

Memilih mesin kapal tempel yang sesuai kebutuhan tentu perlu banyak pertimbangan. Sebelum Anda memutuskan membeli mesin kapal tempel, lakukan survey singkat agar Anda memahami betul spesifikasi dan peruntukan mesin tersebut. Kunjungi www.suzuki.co.id/marine untuk mengetahui berbagai tipe varian mesin kapal tempel berkualitas tinggi. 


Berita Lainnya

Index
Galeri