Kukerta UNRI 2022 Desa Sungai Keranji Adakan Pelatihan Pembuatan Arang Briket

Kukerta UNRI 2022 Desa Sungai Keranji Adakan Pelatihan Pembuatan Arang Briket

KUANSING - Dalam rangka pengabdian masyarakat, mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Desa Sungai Keranji, Singingi, Kab. Kuansing mengadakan pelatihan pembuatan arang briket dari limbah tempurung kelapa, Rabu, (24/08/2022).

Briket dari limbah tempurung kelapa memiliki kemanfaatan ekonomi yang cukup besar bagi masyarakat, apalagi briket banyak diminati di pasar ekspor. Peluang ini yang mendorong mahasiswa Kukerta UNRI untuk mengadakan pelatihan tersebut bagi masyarakat Sungai Keranji. 

"Pelatihan ini sebagai peluang usaha dan membuka lapangan pekerjaan untuk pemuda-pemudi Desa Sungai Keranji, kami membagikan pemahaman tentang bagaimana cara pembuatan arang briket dan kami sudah mempunyai sampel untuk diuji coba," ucap Usnul Akli, Ketua Kelompok Kukerta.

Pelatihan ini dihadiri Kepala Desa Sungai Keranji, dan melibatkan Karang Taruna serta pemuda-pemudi Desa Sungai Keranji yang berjumlah sekira 15 orang. Para pemuda sangat antusias mengikuti pelatihan, bahkan beberapa berhasil mempraktekkannya. 

Di sela kegiatan, Kepala Desa Sungai Keranji menuturkan, masyarakat masih banyak yang belum mengetahui potensi arang briket dan cara pembuatannya. 

"Di Desa Sungai Keranji ini masih banyak yang tidak tahu apa itu arang briket dan manfaat arang briket," jelas Kepala Desa, H. Tasim Sutrisno. (rilis) 


Berita Lainnya

Index
Galeri