Sebelum Investasi, Pahami Dulu Jenis Mata Uang Kripto Ini Agar Cuan Maksimal

Sebelum Investasi, Pahami Dulu Jenis Mata Uang Kripto Ini Agar Cuan Maksimal

Masyarakat Indonesia semakin melek investasi. Fakta ini ditunjukkan dengan kian menjulangnya angka investor saat ini. Dalam laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga akhir April 2022, jumlah investor ritel di Pasar Modal telah mencapai 8,62 juta. Kemudian, terdapat 14,1 juta investor kripto dalam data yang dirilis Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan pada Mei 2022.

Pertumbuhan jumlah investor secara nasional ini membuktikan bahwa investasi dapat dijadikan pilihan untuk menghasilkan cuan. Nah, salah satu instrumen investasi yang tengah populer saat ini adalah investasi mata uang kripto atau cryptocurrency. Lalu, apa sih mata uang kripto itu dan bagaimana cara kerjanya?

Pengertian Mata Uang Kripto

Menurut Wikipedia, mata uang kripto adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol proses pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset. Kriptografi sendiri, menurut Investopedia, merupakan metode yang digunakan untuk melindungi informasi dan saluran komunikasi melalui penggunaan kode.

Semua transaksi cryptocurrency yang dilakukan pun akan tercatat dan tersimpan pada blockchain yang tersebar luas antara satu komputer dengan komputer lain dan terkoneksi di dalam satu jaringan yang tersebar luas sehingga tidak terpusat pada satu tempat, atau dikenal dengan istilah desentralisasi. Karena itulah mata uang digital ini menjadi hampir tidak mungkin dimanipulasi atau dipalsukan.

Cara Kerja Mata Uang Kripto

Mata uang kripto sebenarnya sama halnya dengan mata uang konvensional seperti Dollar maupun Rupiah yang bisa digunakan untuk transaksi jual beli. Hanya saja, kripto merupakan mata uang dalam bentuk digital yang terenkripsi dalam sebuah blockchain untuk mengamankan transaksi keuangan.

Selain itu, nilai atau harga mata uang kripto ini tidak dikontrol oleh otoritas sentral seperti mata uang konvensional. Artinya, sifat uang kripto adalah desentralisasi atau berarti tidak ada satu pun pihak yang menjadi perantara saat transaksi. Singkatnya, tugas dalam mengontrol dan mengelola mata uang ini sepenuhnya dipegang oleh pengguna mata uang kripto itu sendiri.

Jenis Mata Uang Kripto

Di dunia, saat ini terdapat 10 Ribu lebih jenis mata uang kripto dengan karakteristik khasnya masing-masing. Namun, di Indonesia terdapat 229 aset kripto yang sudah resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Jika Anda tertarik berinvestasi dalam aset kripto, berikut 10 jenis mata uang kripto populer yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menghasilkan cuan maksimal saat mencapai capital gain.

  1. Bitcoin (BTC)
  2. Ethereum (ETH)
  3. Koin Binance (BNB)
  4. Tether (USDT)
  5. Solana (SOL)
  6. Cardano (ADA)
  7. XRP (XRP)
  8. Polkadot (DOT)
  9. Terra (LUNA)
  10. Dogecoin (DOGE)

Cara Investasi Mata Uang Kripto

Kemudian, bagaimana sih cara investasi mata uang kripto? Jawabannya sederhana, Anda hanya perlu melakukan aktivitas jual beli aset di exchange atau platform marketplace yang mempertemukan penjual dan pembeli aset kripto. Salah satu exchange terpopuler di Indonesia saat ini adalah Indodax.

Selain sudah terdaftar secara resmi di Bappebti, Indodax memiliki banyak fitur unggulan yang akan memanjakan Anda sebagai Investor. Broker aset kripto terbesar di Indonesia ini memiliki tiga fitur trading, seperti Instant Order, Limit Order, dan Stop Order. Dengan fitur itu, Anda bisa memantau aset kripto pribadi dengan mudah. Anda juga bisa membeli aset kripto dengan deposit melalui semua bank lokal Indonesia atau menjual aset kripto dengan mengkonversikannya menjadi Rupiah secara instan.

Kelebihan lainnya yakni memiliki perlindungan autentikasi multifaktor untuk keamanaan pelanggan, pelacakan transaksi jual beli, melakukan setor dan tarik rupiah dalam waktu kurang dari satu hari, serta tersedia layanan khusus anggota selama 24 jam penuh.

Indodax juga sangat cocok bagi Anda para investor pemula karena memiliki kanal edukasi bernama Indodax Academy yang bisa dimanfaatkan untuk belajar tentang seluk beluk dunia cryptocurrency. Setelah paham, anda bisa melakukan pembelian dan penjualan di Indodax baik melalui website resmi atau pun di Mobile Apps yang merupakan Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange. 


Berita Lainnya

Index
Galeri