23 Desa di Kampar Masih Masuk Kategori Sangat Tertinggal

23 Desa di Kampar Masih Masuk Kategori Sangat Tertinggal
Ilustrasi.

KAMPAR - Di Kabupaten Kampar tercatat desa maju berjumlah 84 desa, desa berkembang sebanyak 109 desa, desa tertinggal tercatat 12 desa lalu ada 23 desa yang masih masuk dalam kategori sangat tertinggal.

"Berdasarkan rekapitulasi Indeks Desa Membangun (IDM) 2022 dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mencatat ada sebanyak 23 desa sangat tertinggal yang ada di Kabupaten Kampar. Angka tersebut tidak berubah dari angka rekapitulasi IDM tahun 2021," kata Kabid PMD Ibrahim, Senin (18/7/2022).

Meski demikian, untuk desa mandiri Kabupaten Kampar mengalami kenaikan dari enam desa yang berstatus desa mandiri menjadi 14 desa.

Sedangkan untuk desa yang berstatus desa maju tercatat 84 desa, untuk desa berkembang sebanyak 109 desa, sedangkan desa tertinggal tercatat 12 desa.

Diketahui, Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan suatu indeks Komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Lingkungan dalam mengukur tingkat kemajuan dan kemandirian suatu desa.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan Kabupaten Kampar merupakan kabupaten dengan desa tertinggal tertinggi di Provinsi Riau saat rapat koordinasi bersama dalam percepatan pembangunan untuk kesejahteraan dengan kepala daerah se-Provinsi Riau.

Sumber: Antara Riau


Berita Lainnya

Index
Galeri