Zipmex vs Indodax, Investor Pemula Sebaiknya Pilih Mana?

Zipmex vs Indodax, Investor Pemula Sebaiknya Pilih Mana?

Beberapa tahun belakangan, istilah cryptocurrency atau mata uang kripto sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Terlebih, saat Bitcoin mengalami lonjakan harga hingga ratusan persen pada 2020 lalu. Hal ini tentu saja menjadi magnet bagi pengembang mata uang kripto dan para investor untuk menanamkan modal.

Hal itu juga dibuktikan dengan data yang dirilis Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan RI. Tercatat jumlah investor aset mata uang kripto di Indonesia mencapai 12,4 juta per Februari 2022. Meningkat sebanyak 532.102 orang dari tahun 2021. Angka tersebut mengalahkan instrumen lain seperti pasar modal, reksa dana dan surat berharga negara (SBN).

Pesatnya pertumbuhan jumlah investor aset kripto tersebut tentu akan berbanding lurus dengan popularitas instrumen investasi itu di kalangan calon investor pemula. Nah, bagi Anda yang baru saja ingin terjun ke dunia kripto, sebaiknya pelajari dulu keunggulan-keunggulan yang terdapat di dua platform jual beli aset kripto populer di Indonesia ini, yaitu Zipmex vs Indodax.

Sekilas Tentang Indodax

Indodax yang mulanya bernama Bitcoin Indonesia adalah perusahaan jual beli aset digital yang sudah berdiri sejak tahun 2014. Berada di bawah payung hukum PT Indodax Nasional Indonesia, Indodax telah memiliki 5,3 juta member terverifikasi hingga Mei 2022. Semua member tersebut tersebar di 80 negara.

Berdasarkan Wikipedia, perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan penjual dan pembeli aset digital terbesar di Indonesia ini diakses lebih dari 10 juta pengunjung dengan volume trading mencapai Rp3 triliun per bulannya.

Indodax juga sudah lama dikenal sebagai platform berlikuiditas tinggi. Bahkan beberapa kali melantai posisi keempat marketplace aset kripto terbaik di dunia dilihat dari segi web traffic menurut ICO Analytics.

Dari sisi aset yang diperjualbelikan, Indodax menawarkan lebih dari 200 aset kripto yang bisa Anda pilih, meliputi aset-aset populer seperti Bitcoin, Ethereum, Tether, dan Tron hingga koin-koin untuk DeFi, NFT, serta metaverse.

Di Indodax, Anda dapat membeli aset kripto dengan deposit melalui semua bank lokal Indonesia atau menjual aset kripto tersebut dengan mengkonversikannya menjadi Rupiah secara instan. Kemudian, biaya Trading dan Persentase Penarikan yang sangat kecil, bahkan mulai dari 0%. Selain itu, transaksi dapat dilakukan selama 24 Jam.

Sekilas Tentang Zipmex

Menurut Wikipedia, Zipmex adalah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang exchange atau bursa aset digital resmi lintas yurisdiksi di Asia-Pasifik. Zipmex didirikan pada 2018 di Singapura oleh Marcus Lim dan Akalarp Yimwilai.

Zipmex menyediakan layanan jual beli berbagai aset digital, mulai dari Bitcoin hingga token endemik yaitu Zipmex Token (ZMT). Zipmex beroperasi di empat negara, yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, dan Australia. Zipmex beroperasi sesuai dengan regulasi yang ada di masing-masing yurisdiksi.

Di Indonesia, Zipmex terdaftar dengan nama PT Zipmex Exchange Indonesia. Dari sisi jumlah penggunanya Zipmex tidak menyebutkan berapa total membernya. Kemudian dari sisi aset kripto yang telah melantai di bursanya, Zipmek menawarkan 107 aset kripto yang bisa dipilih oleh pengguna. Selain menyediakan Bitcoin (BTC) sebagai aset digital unggulan, Zipmex juga memungkinkan para investor untuk memperdagangkan aset digital unggulan lainnya seperti ETH, XRP, EOS dan LTC.

Mana yang Lebih Baik untuk Investor Pemula?

Secara legalitas, Zipmek maupun Indodax sama-sama telah mengantongi izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan RI dan beroperasi atas izin dan pengawasan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Namun, antara dua broker ini tampaknya Indodax lebih mendominasi, baik dari segi jumlah member maupun aset kripto yang diperdagangkan serta ragam layanan yang diberikan.

Berdasarkan uraian di atas, Indodax tampaknya sangat cocok bagi investor pemula. Terlebih lagi, Indodax memiliki kanal edukasi bernama Indodax Academy yang bisa dimanfaatkan untuk belajar blockchain beserta teknologinya. Setelah paham, Anda bisa melakukan pembelian dan penjualan di Indodax baik di website resmi maupun di Mobile Apps yang merupakan Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai belajar tentang uang digital dan mulai investasi di Indodax.***


Berita Lainnya

Index
Galeri