Wow! Ini Dia Wine Murah dengan Cita Rasa Tinggi

Wow! Ini Dia Wine Murah dengan Cita Rasa Tinggi
Wine (ilustrasi)
JAKARTA - Untuk menikmati wine dengan kemewahan rasa setara dengan wine asli dan tua, produsen wine di American Viticultural Area (AVA) menemukan alternatif baru bagi orang yang ingin menikmati wine dengan harga lebih terjangkau.
 
Pusat produksi anggur di Amerika Serikat ini menciptakan wine sintetis berbahan dasar air hanya dalam waktu 15 menit. Meski sintetik, mereka menjamin kemewahan rasanya setara dengan wine asli dan tua.
 
Seperti dilansir dari cnnindonesia.com, para peneliti di AVA menggunakan kombinasi dan keseimbangan dari asam amino, gula, etanol, serta bahan lainnya dengan ketat untuk menghasilkan wine berasa lawas.
 
Kandungan asam amino yang mereka gunakan adalah alanine, proline, dan glycine. Kemudian beberapa jenis asam seperti tartaric acid dan malic acid. Jenis gula yang digunakan adalah fruktosa dan glukosa. 
 
Bahan-bahan lainnya yang ditambahkan dalam replika wine tersebut adalah ethyl butyrate, isomyl alcohol, serta limonene yang menyebabkan aroma jeruk. 
 
Bahkan, mereka mengakui telah berhasil membuat replika champagne Dom Perignon dari 1992 dan wine sparkling Italia, Moscato d'Asti.
 
AVA berencana bila sukses membuat berbagai duplikat lebih banyak wine, maka akan wine 'kopian' itu akan dijual dengan harga yang jauh lebih murah.
 
Sayangnya, sampel wine tersebut belum dapat diuji oleh pihak di luar AVA. Namun keberadaan wine dengan harga miring itu memungkinkan pecinta wine berdompet kempis jadi lebih bahagia. (anm/cnni)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri