Galeri Foto

Muhammad Zaki Resmi Dilantik sebagai Sekda Rohul

Muhammad Zaki Resmi Dilantik sebagai Sekda Rohul

ROHUL - Teka Teki Siapa Sekretaris Daerah Defenitif Kabupaten Rokan Hulu akhirnya terjawab. Bupati Rohul H. Sukiman memutuskan memilih Muhammad Zaki dari 3 Nama calon Sekda yang di rekomendasikan Panitia Seleksi (Pansel).

Harapan Bupati Sukiman, agar pelantikan Sekda Defenitif dilakukan sebelum berakhirnya SK Penjabat Sekda Tanggal 21 April 2021 juga terijabah.

Secara Resmi, Bupati Sukiman Melantik dan mengambil Sumpah Muhammad Zaki sebagai Sekretaris Daerah, Selasa (19/4/2022) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten Rokan Hulu. Pelantikan Muhammad Zaki sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu digelar sederhana, namun tetap berlangsung khidmat dan sakral.

Di hadapan Bupati Muhammad Zaki yang didampingi Istri Siska Idraningsih, mengucapkan Sumpah atas nama Tuhan untuk bekerja sebaik-baiknya dalam menjalankan Amanah dengan penuh Integritas dan tanggung jawab.

Putra Tokoh Masyarakat Rohul Azwar Aziz ini juga mengucapkan Pakta Integritas untuk senantiasa selalu amanah dan Tidak melakukan tindakan-tindakan Koruptif dalam menjalankan tugas sebagai Sekda Rohul.

Dalam sambutannya, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman menegaskan, proses seleksi Jabatan Sekda Rohul dilakukan secara Objektif dan tidak ada intervensi apalagi didasari pada agama, gender, suku, ras dan golongan.

Menurutnya, dipilihnya Zaki sebagai Sekda Rohul didasarkan terhadap kompetensi, Kinerja, dan pengalaman serta dinyatakan lulus seleksi baik Manajerial maupun Bidang sesuai ketentuan Undang-undang dan Perpres Nomor 3 Tahun 2018 tentang penjabat sekretaris daerah.

Sukiman menyebut, terpilihnya Zaki sebagai Sekda Rohul defenitif merupakan momentum yang penuh sejarah. Pasalnya, sebelum menjadi sekda defenitif Muhammad Zaki pernah 2 Kali ditunjuk sebagai PLH dan terakhir PJ Sekda.

"Tidak ada di tempat lain, seorang aparatur sipil negara diamanahkan oleh negara bertugas sebagai penjabat sekda dan akhirnya menjadi sekda, apalagi sebelumnya, Zaki juga dua kali menjabat Pelaksana Harian (PLH) dan dia telah membuktikan kinerjanya," cakap Sukiman.

Sukiman juga mengajak seluruh ASN di Rohul untuk mengambil hikmah dari perjalanan Muhammad Zaki yang pada akhirnya menduduki jabatan tertinggi di ASN. bahwa semua esensi kehidupan yang adalah skenario hidup yang sudah digariskan Allah SWT.

"oleh karena itu, kami yakin bahwa dengan pelantikan ini akan semakin membangun motivasi dan gairah dari saudara sekda, sebagai aparatur yang penuh gagasan, dedikasi, kreatif dan penuh inovasi untuk memangun rokan hulu menjadi daerah yang lebih baik lagi," tambahnya.

Sukiman juga mengingatkan akan tantangan besar yang akan di hadapi pemerintah kedepan terutama dinamika globalisasi dan informasi yang terus tumbuh dengan pesat serta tidak terbatas nya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Oleh karena itu, fungsi pemerintahan sebagai fungsi pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan harus mampu diemban dengan baik, dengan mengikuti dinamika yang terus berkembang dengan semboyan "kita harus melayani bukan dilayani".

Dengan situasi ini, sukiman mengajak seluruh pejabat pemerintahan untuk melakukan lompatan besar, memacu potensi diri, mengasah kemampuan agar berdaya saing sehingga pemerintahan bukan lagi bergerak tapi berlari.

"Sekretaris daerah mempunyai tugas yang cukup strategis membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan pengorganisasian administrasi terhadap pelaksanaan tugas seluruh perangkat daerah skaligus pembinaan aparatur daerah."

"Sekda harus memiliki wawasan luas, siap membantu pimpinan merumuskan dan melaksanakan setiap kebijakan yang tertuang dalam RPJMD, serta memiliki pemikiran pencapaian visi dan misi kepala daerah dalam rangka terwujudnya kabupaten rokan hulu sejahtera melalui peningkatan pembangunan ekonomi kerakyatan, pendidikan, insfrastruktur, kesehatan dan kehidupan agamis yang harmonis dan berbudaya," ujarnya.***(Adv-Kominfo)


Berita Lainnya

Index
Galeri