Anak Susah Makan, Apakah Perlu Diberi Vitamin?

Anak Susah Makan, Apakah Perlu Diberi Vitamin?

Banyak orang tua yang jadi ikut gelisah saat anak memasuki fase tidak mau makan atau bahkan menolak semua makanan yang disajikan. Ya Moms, anak susah makan memang bisa jadi salah satu hal yang membuat ibu pusing.

Tak heran jika banyak orang tua yang mencoba berbagai cara agar anak mau kembali makan. Misalnya saja dengan memberikan vitamin. Namun sebenarnya, perlukah memberi vitamin untuk anak yang susah makan?

Pemberian Vitamin pada Anak Susah Makan

Pemberian vitamin pada anak yang susah makan kadang dianggap sebagai ‘jalan pintas’ bagi sebagian orang tua. Namun menurut Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi Hepatologi Anak, dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A (K), anak dengan gizi cukup tidak perlu diberikan vitamin.

“Anak dengan gizi cukup atau gizi lebih yang mengalami kesulitan makan yang bersifat sementara, tidak perlu diberikan suplementasi vitamin,” jelas dokter yang praktik di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, kepada kumparanMOM beberapa waktu lalu.

Meski begitu, beberapa anak memang boleh saja diberi vitamin jika susah makan. Tetapi, ini berlaku untuk anak dengan gizi kurang dan terlalu memilih makanan sehingga kecukupan nutrisinya tidak terpenuhi.

Vitamin yang dikonsumsi anak juga perlu dikonsultasikan dulu dengan dokter. Agar pemberian vitamin tetap tepat dan tidak berlebihan. Sehingga sesuai dengan kebutuhan anak, Moms.

Nah, untuk mengatasi anak yang susah makan. dr. Frieda menjelaskan jika si kecil perlu menjalankan aturan makan atau feeding rules yang tepat, seperti:

  1. Durasi makan tidak lebih dari 30-45 menit
  2. Konsep responsive feeding, yaitu adanya interaksi komunikasi dua arah saat makan
  3. Hindari distraksi
  4. Beri kesempatan anak mengeksplorasi dan menikmati makanannya
  5. Batasi pemberian susu sesuai usia dan perhatikan frekuensi makan dan kurva pertumbuhan
  6. Perhatikan keadaan anak saat makan dan luwes menyesuaikan dengan keinginan anak
  7. Upayakan proses makan tetap fun dan menyenangkan

Jadi, coba terapkan aturan makan dengan benar saat si kecil susah makan. Jangan buru-buru memberinya vitamin. Namun, jika memang anak susah makan dalam waktu yang lama, segera konsultasikan ke dokter, Moms.

Sumber: Kumparan.com


Berita Lainnya

Index
Galeri