Apakah Sering Minum Air Dingin Bisa Bikin Gemuk?

Apakah Sering Minum Air Dingin Bisa Bikin Gemuk?

Apakah kamu salah satu orang yang percaya bahwa minum air dingin bisa menaikkan berat badan atau bahkan bikin gemuk? Ya, anggapan ini memang banyak beredar di masyarakat.

Dibanding air hangat, minum air putih dingin memang kerap dianggap kurang baik. Salah satunya bahkan dianggap sebagai pemicu kenaikan berat badan. Benarkah demikian?

Spesialis Urologi, Prof. dr. Harrina E. Rahardjo, SpU(K), PhD, menegaskan, bahwa hal itu tidaklah benar. Minum air dingin bisa menyebabkan kegemukan, menurut dia hanyalah mitos belaka.

"Mitos. Karena air dingin atau hangat, itu semua kalorinya nol," terang dia dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Kamis, 30 Desember 2021 lalu.

"Kecuali kalau air putihnya dicampur sirup, gula, dicampur yang lain-lain itu jadi berkalori. Tapi kalau air putih, dia dingin atau panas adalah nol kalorinya," tambah dia.

Oleh karena itu, Prof. Harrina mengatakan, kita tidak perlu takut untuk minum air putih dingin, tapi juga tidak boleh berlebihan. Lalu, berapa takaran yang tepat untuk mengonsumsi air putih? 

"Pesan saya adalah minum itu cukup per 24 jam. Cukup itu tidak kurang dan tidak berlebihan. Kira-kira orang dewasa dengan aktivitas normal, minumlah 8 gelas sehari tapi cara minumnya juga diperhatikan," ujarnya.

"Jadi cara minumnya sedikit-sedikit tapi sering dan menuju ke waktu tidur di mana aktivitas kita sudah mulai turun, kita sudah tidak kena sinar matahari, itu bisa dikurangi. Tapi per 24 jamnya tetaplah minum 8 gelas per hari," imbuh Prof. Harrina E. Rahardjo.

Sumber: Viva.co.id


Berita Lainnya

Index
Galeri