Polsek Ukui Rutin Gelar Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

Polsek Ukui Rutin Gelar Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

PELALAWAN - Polres Pelalawan melalui jajaranya Polsek Ukui yang dipimpin oleh Ps Kanit Binmas Aipda Syafril Marpaung melaksanakan Operasi Yustisi dan imbauan disiplin protokol kesehatan Covid-18, Minggu (21/02/2021).

Dalam kegiatan yang melibatkan 3 anggota piket lain itu juga dilakukan sosialisasi 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di pusat perbelanjaan. Termasuk juga di kedai dan warung-warung tempat berkumpulnya massa.

Setiap hari Polsek Ukui terus menggiatkan operasi yustisi penegakan protokol tersebut. Kegiatan ini menyikapi perkembangan pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Pelalawan yang masih terus berkembang.

Kapolsek Ukui AKP Rifendi SSos MSi mengatakan, sasaran operasi yustisi adalah warung-warung sepanjang Jalan Lintas Timur Ukui, keramaian tempat dan belanja Pasar Ukui. Karena ditengarai kawasan-kawasan seperti ini merupakan tempat-tempat yang harus diwaspadai dan dipantau agar warga selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Kapolsek menerangkan, operasi yustisi ini mengacu kepada Pergubri nomor 55 Tahun 2020 dan Perbup Pelalawan nomor 63 Tahun 2020 tentang penerapan dan penegakan hukum disiplin protokol kesehatan Covid-19, yang mana di dalamnya ada beberapa sanksi baik teguran lisan/tertulis, sanksi sosial maupun sanksi administratif.

Sejumlah masyarakat yang kedapatan tidak disiplin prorokol kesehatan dikenakan sanksi berupa teguran lisan.

”Pasar, tempat kuliner dan tempat belanja selalu rawan terjadinya perkumpulan massa, transaksi dan interaksi sosial, untuk itu menjadi perhatian kami dalam pelaksanaan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan ini," kata Kapolsek.

Lebih lanjut dikatakannya, masyarakat yang tidak memakai masker langsung diberi teguran. Karena pembagian masker juga bersama gugus tugas Covid-19 Ukui sudah dilaksanakan setiap hari di Pos PPKM, tidak ada alasan lagi untuk tidak pakai masker.

"Tujuan dilaksanakanya operasi ini adalah untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan, sehingga penyebaran virus ini dapat kita hambat," ujar Kapolsek. (Rilis)


Berita Lainnya

Index
Galeri