Gempa Dahsyat Berkekuatan 7,3 SR Guncang Jepang

Gempa Dahsyat Berkekuatan 7,3 SR Guncang Jepang
Jepang diguncang gempa berkekuatan 7,3 SR pada Sabtu (16/4/2016).
TOKYO - Badan Metereologi Jepang mengungkapkan kekuatan gempa dahsyat yang mengguncang negaranya pada Sabtu (16/4/2016) berkekuatan 7,3 SR. Meski diguncang gempa dahsyat namun tiga pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di wilayah terdampak gempa dilaporkan tidak mengalami kerusakan.
 
Reaktor nuklir PLTN di Sendai, Genkai di Kyushu, serta Ikata di Shikoku, tetap beroperasi seperti biasa. Demikian informasi yang disampaikan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga seperti dilansir Reuters.
 
Tak berselang lama setelah gempa mengguncang pada pukul 01.25, otoritas setempat sempat mengeluarkan potensi ancaman tsunami. Perintah evakuasi pun dikeluarkan terutama untuk warga yang bermukim di wilayah pantai seperti kawasan Ariake dan Yatsushiro. Namun peringatan ini dicabut tak lama kemudian.
 
Kerusakan akibat gempa dilaporkan menimpa sejumlah gedung serta jalanan di barbagai wilayah. Korban luka akibat reruntuhan pun diprediksi berjatuhan. "Kami telah berupaya sebaik mungkin untuk menangani dampak bencana ini,” ujar Yoshihide Suga. (max/okz)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri