POLITIK

Syamsuar Yakin Andi Putra-Suhardiman Jadikan Kuansing Maju, Sinergitas Provinsi-Kabupaten Terjalin

TELUKKUANTAN - Ketua DPD I Golkar Provinsi Riau, Drs H Syamsuar MSi yakin ditangan Andi Putra -Suhardiman Amby, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) akan semakin maju dan lebih baik. Karena sinergitas antara provinsi dan kabupaten terjalin.

Apalagi kader-kader Golkar di Riau selama ini dikenal memiliki energi tinggi dan luar biasa dalam membangun, terutama membangun kualitas infrastuktur jalan dan jembatan, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sektor lainnya.

Syamsuar, yang juga Gubernur Riau itu, Sabtu (20/11/2020) kemarin, turun langsung kampanye di Kuansing untuk memenangkan Andi Putra-Suhardiman Amby (ASA). Masing-masing di Desa Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir, Desa Petai Baru Kecamatan Singingi dan Desa Bumi Mulya Kecamatan Logas Tanah Darat. 

Sejak dari Desa Koto Baru, Bukit Raya, Beringin Jaya, Sukamaju, Sumber Jaya, Sungai Buluh, Sungai Sirih, Petai Baru, Kuantan Sako, Sukaraja, dan Bumi Mulya, Syamsuar melihat pengaspalan jalan di dalam desa sudah tuntas saat kader Golkar memimpin sebelumnya, H Sukarmis, yang menjadi Bupati Kuansing. Dan dilihatnya yang masih belum tuntas pengaspalan itu adalah jalan penghubung antar desa yang ada di kawasan ektransmigrasi ini.

Untuk mengatasinya, Syamsuar menegaskan, sinergitas pemerintah provinsi dengan kabupaten diperlukan ke depan. Artinya, kata sosok yang memajukan Kabupaten Siak itu, perlu sinergitas. Misalnya dalam pengelolaan jalan. Mana yang menjadi kewenangan provinsi dan kabupaten/kota.

Contoh upaya peningkatan jalan dari Desa Koto Baru-Sukamaju di Kuansing menuju Gunung Mas dan Gunung Mulya (Kampar) menjadi jalan provinsi yang merupakan aspirasi warga kepada calon yang diusung Golkar, Hanura dan PKS itu.

"Secara umum mengenai pembangunan infrastruktur, yang diprogramkan pak bupati (Andi Putra,red) sejalan dengan program Pemprov Riau. Yakni infrastruktur jalan paling utama," kata Syamsuar saat berkampanye untuk pasangan ASA di Desa Suka Maju Kecamatan Singingi Hilir, Sabtu (21/11/2020).

Menurutnya, pembangunan infrastruktur merupakan komponen penting yang akan menentukan keberhasilan pembangunan. Perannya sebagai penggerak sektor perekonomian akan mampu menjadi pendorong berkembangnya sektor-sektor terkait.

"Muaranya akan menciptakan lapangan usaha baru. Misalnya, jika saat ini harga sawit sedang bagus tapi jalan rusak, maka akan berpengaruh dengan harga sawit," katanya.

Syamsuar juga mengatakan, bahwa arah pembangunan kabupaten harus selaras dan menjabarkan program prioritas provinsi. Disamping infrastruktur, pendidikan, kesehatan serta terciptanya lapangan kerja juga menjadi prioritas utama dari provinsi.

"Semuanya itu ada di visi misi ASA. Dan selaras dengan provinsi. Saya berharap bapak-ibu menjadi tim untuk menyampikan visi misi ini kepada masyarakat. Jika kita kompak, saya yakin nomor satu menang. Apalagi selama ini yang membangun daerah ini adalah Pak Sukarmis saat menjadi bupati," katanya.

Turut hadir Ketua Tim Pemenangan ASA H Sukarmis, dan pasangan Andi Putra-Suhardiman Ambi bersama puluhan simpatisan. Kedatangan Syamsuar, Sukarmis dan ASA ini disambut meriah oleh tokoh dan warga setempat. Yel-yel ASA pun menggema mengantarkan mereka. 

Sementara Calon Bupati Kuansing Andi Putra mengatakan, bahwa kedatangan Gubernur Riau adalah untuk melihat sejumlah persoalan yang tak kunjung selesai di Kabupaten Kuansing.

"Yakni persoalan utama infrastruktur jalan. Dari Koto Baru sampai Sukamaju perlu satu jam. Jalan hancur. Aspal sudah hancur," katanya.

Ia menyampaikan kepada Gubernur Riau bahwa kondisi jalan dari Desa Sukamaju hingga Desa Gunung Mulia Kabupaten Kampar masih jalan tanah sepanjang 12 kilometer.

"Karena status jalannya jalan provinsi, maka kita sampaikan agar kedepan menjadi perhatian," katanya.

Andi Putra menyampaikan pembangunan infrastruktur jalan menjadi prioritas utama jika terpilih menjadi Bupati Kuansing. Salahsatunya pengaspalan jalan di wilayah Singingi Hilir atas secara khusus dan umumnya wilayah ekstrans. 

Sehingga dana DAK dari pusat nanti bisa digelontorkan di wilayah ekstrans atas. Salah satunya Singingi Hilir atas ini. Selain itu, pihaknya juga akan menganggarkan satu set alat berat untuk setiap kecamatan. Termasuk di Singingi Hilir. Sehingga warga tak usah khawatir lagi terkait adanya jalan yang rusak dan perlu perbaikan.

"Kami berkomitmen membangun Singingi Hilir khususnya Singingi Hilir atas. Jalan antara desa ke desa dan jalan antara kabupaten," katanya.(rls)



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video