SERBA-SERBI

Jangan Kombinasikan Makanan Ini, Bisa Berbahaya untuk Sistem Pencernaan Anda

Seringkali kita mengonsumsi makanan tertentu secara bersamaan, padahal makanan yang kita makan dalam kombinasi justru berdampak buruk pada sistem pencernaan dan kesehatan kita.

Pernahkah Anda mendengar larangan untuk tidak makan buah setelah makan atau minum susu dengan telur. Pastinya Anda mengabaikannya, dengan asumsi bahwa hal ini tidak memiliki logika ilmiah di dalamnya. Namun, ternyata hal itu salah.

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa kita harus menghindari beberapa kombinasi makanan, karena dapat membahayakan pencernaan dan kesehatan kita.

Makanan adalah anugerah bagi tubuh kita. Karena dengan makanan kita hidup dan memberikan kesehatan. Dengan kombinasi makanan yang tepat, tentu menjadi teman terbaik bagi kesehatan kita. Sebaliknya, jika diambil dalam kombinasi yang salah, mereka dapat menjadi berbahaya bagi kesehatan Anda.
 
Berikut beberapa kombinasi makanan yang harus Anda hindari, sebagaimana dilansir laman Boldsky.com :

1. Daging dan keju

Keduanya kaya akan protein. Jika Anda mengkonsumsi keduanya secara bersamaan, produksi protein dalam tubuh dapat meningkat, dan dapat meningkatkan produksi protein pada hati. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk makan daging dan keju bersama-sama pada waktu yang sama.

2. Makanan berlemak dan protein

Hindari makan mentega, minyak dengan telur, keju, daging dan juga hindari lemak makanan dengan roti putih. Mencerna lemak membutuhkan jus empedu (garam empedu), yang disekresikan dari hati dan kandung empedu. Jika Anda makan makanan berlemak dengan protein dan makanan yang salah lainnya, ini akan memblokir sekresi jus empedu yang menyebabkan gangguan pencernaan lemak.

3. Minum air sebelum dan setelah makan

Anda harus menghindari minum air atau jus di antara waktu makan dan setelah makan. Hal ini dapat menghambat pencernaan makanan dan menyebabkan kembung dan gas yang akan dibentuk. Air mengganggu perut yang mencerna zat makanan. Minumlah air 10 menit sebelum makan dan setengah jam setelah makan Anda.

4. Minum teh dan kopi setelah makan

Hindari minum teh atau kopi setelah makan. Teh dan kopi dapat mencegah penyerapan makanan Anda dengan mengganggu asam lambung. Ini akan menunda proses pencernaan dan juga memperburuk banyak nutrisi yang terkandung dalam makanan.

5. Makanan asam dan karbohidrat

Hindari makan makanan asam seperti tomat, lemon bersamaan dengan makanan bertepung yang biasanya mengandung alkali. Makanan asam dikombinasi dengan makanan yang bersifat alkali dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Anda harus menghindari makan tomat dengan karbohidrat dan protein dengan pati. Makanan ini akan memfermentasi di perut dan membentuk lumpur yang sulit untuk dicerna.

6. Makan buah setelah makan

Hindari makan buah-buahan setelah makan. Anda harus mengizinkan makanan dicerna terlebih dahulu, baru kemudian makan buah-buahan 2 jam setelah makan. Makan buah-buahan setelah makan dapat menyebabkan zat makanan membusuk di perut Anda, yang mengarah ke gangguan pencernaan dan gas bermasalah. Sebaiknya, makan buah-buahan setidaknya satu jam sebelum makan.

7. Daging merah dan makanan bertepung

Hindari makan daging merah dengan makanan bertepung seperti nasi, kentang, dan lainnya. Mereka sulit untuk dicerna bersamaan. Sebaiknya, makan daging merah, ayam dan daging putih dengan biji-bijian, bukan makanan bertepung.***



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video