Ini 4 Mitos Malam Jumat yang Bisa Bikin Bulu Kuduk Merinding

Ini 4 Mitos Malam Jumat yang Bisa Bikin Bulu Kuduk Merinding

Kebanyakan orang Indonesia menganggap malam Jumat merupakan malam yang identik dengan fenomena mistis dan waktu yang tepat untuk makhluk-makhluk astral keluar dari persembunyiannya. Terlebih lagi jika malam Jumat juga bertepatan dengan hari Jawa, Kliwon yang juga terkenal dengan keangkerannya.

Saking horornya fenomena malam Jumat, ada pula sebagian orang tua yang terkadang melarang anak-anaknya untuk keluar rumah pada saat malam Jumat tiba. Konon, terdapat mitos-mitos malam Jumat yang bikin kebanyakan orang ngeri dan masih ada pula orang yang mempercayainya.

Lantas, apa aja sih mitos-mitos malam Jumat yang bikin merinding masyarakat Indonesia? Yuk simak.

1. Malam Pengiriman Santet

Saat malam Jumat, tak cuma persoalan hantu-hantu yang keluar, tapi juga soal ilmu hitam. Konon, banyak orang percaya bahwa malam Jumat, terutama malam Jumat Kliwon merupakan waktu yang tepat bagi para dukun dan ahli santet untuk mengirimkan mantra mereka kepada orang yang dituju.

Mereka percaya, saat malam Jumat kiriman santet dan ilmu hitam lainnya banyak berkeliaran. Menurut sumber, orang-orang yang baru mempelajari ilmu gaib juga harus ikut mempelajari waktu-waktu yang cocok untuk mengirimkan energi tersebut. Dan waktu yang pas ialah saat malam Jumat.

2. Kembalinya Arwah ke Rumah

Banyak orang percaya saat malam Jumat, arwah-arwah yang telah meninggal diberi kesempatan untuk pulang ke rumah. Nah, menurut kepercayaan orang Jawa, mereka sering mengadakan tradisi ‘penyambutan’ saat malam Jumat tiba. Penyambutan ini biasanya dilakukan dengan memasang sandingan atau semacam sesajen berupa makanan favorit almarhum.

3. Orang yang Meninggal saat Malam Jumat Kliwon Harus Dijaga Selama 40 Hari

Banyak orang percaya, khususnya masyarakat Jawa bahwa orang yang meninggal pada malam Jumat kuburannya harus dijaga selama 40 hari. Mengapa?

Konon, mereka yang meninggal pada malam Jumat jasadnya rentan dicuri oleh dukun-dukun untuk dipergunakan sebagai ilmu hitam. Oleh karena itu, makamnya perlu dijaga selama 40 hari.

4. Malamnya Hantu-hantu Berkeliaran

Sudah bukan rahasia lagi saat malam Jumat identik dengan keluarnya berbagai macam makhluk halus yang kerap menganggu manusia. Hal ini membuat banyak orang khususnya masyarakat Jawa kerap melakukan ritual-ritual di malam Jumat agar bisa terhindar dari gangguan makhluk gaib tersebut.***


Berita Lainnya

Index
Galeri