Polsek Bunut Rutin Laksanakan Operasi Yustisi Guna Menekan Penyebaran Covid-19

Polsek Bunut Rutin Laksanakan Operasi Yustisi Guna Menekan Penyebaran Covid-19

PELALAWAN - Polsek Bunut rutin melaksanakan operasi yustisi guna menekan peningkatan jumlah penderita Covid-19 di Kabupaten Pelalawan, khususnya di Kecamatan Bunut. 

Kegiatan operasi yustisi digelar di Jalan Lintas Bono, Kelurahan Bunut, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan dan dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Bunut Polres Pelalawan Iptu Turmin pada Kamis (8/10/2020).

Iptu Turmin menjelaskan, selama kegiatan operasi yustisi berlangsung, tampak hanya sedikit pengendara yang tidak menggunakan masker saat berkendara.

"Kita melihat akhir-akhir ini masyarakat sudah mulai bagus responnya, mulai benar, mulai bagus, mulai baik. Awareness, kewaspadaannya sangat baik sekarang. Tahu bahwa harus pakai masker, tahu bahwa harus menjaga jarak, tahu harus mencuci tangan," kata Kanit Binmas.

Ditutukan Iptu Turmin lagi, yang perlu dilakukan pemerintah saat ini yakni mentransformasikan kesadaran masyarakat tentang pencegahan penularan Covid-19 ini menjadi perilaku.

Menurutnya, transformasi kesadaran menjadi perilaku mencegah penularan Covid-19 oleh masyarakat adalah yang paling penting. Perubahan perilaku, sebagai gambaran bahwa masyarakat sudah merasakan bahwa dirinya adalah obyek sekaligus subyek dari perubahan adaptasi kebiasaan yang baru.

"Maka bisa kita yakini bahwa kalau dia menggunakan masker motivasinya bukan karena takut didenda, karena memang tidak ingin tertular," katanya. "Kalau kemudian menjaga jarak, maka motivasinya bukan karena takut ditegur, tapi karena tidak ingin menularkan atau tertular," lanjutnya.

Iptu Turmin menjelaskan, transformasi kesadaran menjadi perilaku mencegah penularan virus oleh masyarakat bisa dimulai dari komunitas terkecil, yakni keluarga. (Rilis)


Berita Lainnya

Index
Galeri