HUKRIM

Lengkapi Berkas Perkara Karhutla, Polres Kuansing Datangkan Saksi Ahli IPB

TELUKKUANTAN-Menekan terjadinya tindak pidana kerusakan lingkungan yang berawal dengan adanya tindak pidana pembakaran lahan, penyidik Polsek Kuantan Mudik Polres Kuansing  melakukan penangkapan pelaku pembakaran lahan yang terjadi di Dusun Cengar Desa Seberang Cengar Kec.  Kuantan Mudik pada tanggal 4 September 2020.

Keseriusan ini dibuktikan oleh Penyidik Polsek Kuantan Mudik dan Polres Kuansing dengan mendatangkan ahli kebakaran hutan dan lahan, guna memperkuat bukti formil dan materil dalam rangka melengkapi berkas perkara penyidikan, tegas Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto. S.Ik. M.M.

Rangkaian kegiatan ahli kebakaran hutan dan lahan Prof. DR.  Ir. Bambang Hero Sahardjo.  M. Agr di TKP dintaranya melakukan interogasi saksi - saksi, dan penyidik serta mengambil sample tanah dan tanaman diareal kebakaran tersebut. 

Tujuan pengambilan sample ini adalah untuk menentukan sebab akibat dan kerugian yang ditimbulkan akibat dari kebakaran lahan di TKP. 

Secara tekhnis sample tersebut nantinya akan dikirim untuk diteliti langsung di Laboraturium kebakaran hutan dan lahan di Bogor. 
 
Analisa  saksi ahli diperlukan sebagai bukti ilmiah yang melengkapi bukti penyidikan atas tindak Pidana pembakaran hutan dan lahan. 

Diberitakan sebelumnya, tersangka dalam tindak pidana Karhutla ini adalah SN dan JN  yang diamankan di TKP oleh penyidik Polsek Kuantan Mudik dengan luas kebakaran  lebih kurang 2 Ha dan saat itu besarnya api sangat berpotensi meluas kata Rustam salah seorang warga. 

Terhadap pelaku dipersangkakan melanggar pasal 108 UU RI no. 39 tahun 2014, ttg perkebunan dan atau pasal 108 UU RI No.32 th 2009, tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,  dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara, ungkap Kapolres Kuansing.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video