Polsek Ukui Patroli Karhutla dan Sosialisasi Maklumat Kapolda Riau di Daerah Rawan Kebakaran

Polsek Ukui Patroli Karhutla dan Sosialisasi Maklumat Kapolda Riau di Daerah Rawan Kebakaran

PELALAWAN - Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polsek Ukui jajaran Polres Pelalawan terus mengoptimalkan kegiatan pencegahan Karhutla dengan menyebarakan Maklumat Kapolda Riau tentang larangan membakar hutan dan lahan serta patroli ke daerah-daerah rawan Karhutla.

Bripka Alex Putra SH yang merupakan Bhabinkamtibmas Desa Air Hitam Polsek Ukui melaksanakan patroli tersebut bersama dengan Masyarakat Peduli Api (MPA) ke daerah-daerah rawan seperti daerah Gambangan, AM dan tempat-tempat rawan Karhutla lainnya, Senin (14/9/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas menyampaikan kepada warga agar tidak membakar lahan, termasuk ketika saat hendak bercocok tanam. Pada kesempatan itu Bhabinkamtibmas juga turut membagikan Maklumat Kapolda Riau tentang larangan membakar hutan maupun lahan.

Kapolsek Ukui AKP Rifendi S.Sos, M.Si saat dikonfirmasi membenarkan perihal kegiatan tersebut. "Ya benar kegiatan patroli daerah rawan Karhutla, setiap hari kami laksanakan, baik melalui Bhabinkamtibmas tiap desa maupun personel Polsek Ukui lainnya," ujar Kapolsek

Dilanjutkan, hal tersebut dilakukan agar dapat meminimalisir terjadinya kebakaran, pendeteksian dini, sehingga memudahkan pihak Polsek Ukui dalam mengantisipasi atau menanggulangi terjadinya kebakaran sejak dini.

"Teknisnya di lapangan ya, karena kan yang namanya api itu muncul tidak secara tiba-tiba, pasti dari faktor manusia, ya ada yang sengaja dan tentu juga ada yang tidak sengaja seperti saat memancing kemudian bakar ikan, puntung rokok dan lain-lain yang jelas semuanya faktor manusia. Untuk itu setiap anggota saya tekankan agar melakukan pencegahan Karhutla baik berupa sosialisasi, edukasi, bahkan penindakan sekalipun bila diperlukan," terangnya lagi.

"Harapanya, wilayah Ukui tidak lagi menjadi penyumbang asap seperti tahun-tahun sebelumnya," pungkas AKP Rifendi S.Sos, M.Si. (Rilis)


Berita Lainnya

Index
Galeri