Kapolsek Ukui bersama Anggota Cek Perkembangan Tanaman Jagung di Lahan Ketahanan Pangan

Kapolsek Ukui bersama Anggota Cek Perkembangan Tanaman Jagung di Lahan Ketahanan Pangan

PELALAWAN - Polsek Ukui yang merupakan jajaran Polres Pelalawan, Polda Riau melakukan pengecekan perkembangan tanaman jagung di Lahan Ketahanan Pangan yang berada di Jalan Mangga, Kelurahan Ukui Satu, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Kamis (3/9/2020).

Kapolsek Ukui AKP Rifendi, S.Sos, M.Si menyampaikan, pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui serta menjadwalkan waktu pemupukan dan pemeliharaan lanjutan program ketahanan pangan.

“Kami melakukan pengecekan ke lapangan untuk melihat langsung perkembangan tanaman di Lahan Ketahanan Pangan Polsek Ukui. Sejauh ini perkembangannya cukup baik, hanya ada beberapa tanaman yang mati, namun tempo hari sudah kita tanam ulang," ungkapnya.

"Penyebab matinya beberapa tanaman, menurut petani binaan kami akibat minimnya curah hujan beberapa minggu yang lalu, namun kini tanaman sudah mulai membaik dikarenakan sudah ada turun hujan juga,” kata Kapolsek lagi.

AKP Rifendi menjelaskan bahwa pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan para petani binaannya. Sebab, mereka lah yang hari-harinya selalu bersama tanaman. Jadi, mulai dari kebutuhan hingga kendala mereka lebih mengerti.

"Sejauh ini alhamdulillah belum ada kendala yang berarti, pupuk juga sudah kami datangkan dan sudah ditebarkan,” terangnya.

Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, sambung Kapolsek, tentunya ketahanan pangan menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang kehidupan masyarakat di Indonesia khususnya di Kecamatan Ukui. Maka itu kegiatan ini salah satu kegiatan prioritas Polsek Ukui.

Seperti diketahui, lahan seluas kurang lebih 1 Ha yang ditanami Jagung Hibrida dan tanaman Palawija tersebut sebelumnya merupakan lahan tidur milik masyarakat yang kemudian dioptimalisasi pemanfaatannya menjadi lahan pertanian yang nantinya hasil pertanian tersebut untuk masyarakat Kecamatan Ukui.

Hal ini guna mendukung program Ketahanan Pangan Nusantara yang dicadangkan oleh Mabes Polri. (Rilis)


Berita Lainnya

Index
Galeri