Covid-19 Masih Mewabah, Babinsa Koramil 03/Bunut Tetap Rutin Patroli Karlahut

Covid-19 Masih Mewabah, Babinsa Koramil 03/Bunut Tetap Rutin Patroli Karlahut

PELALAWAN - Meskipun dalam suasana wabah Covid-19 yang belum selesai, namun Babinsa tetap aktif dalam tugas pengawasan wilayah dengan rutin melaksanakan patroli kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di areal perkebunan dan lahan masyarakat yang rawan terbakar.

Apalagi, kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini karena sering terjadi panas yang sangat menyengat dan beresiko terhadap bahaya Karlahut yang bukan hanya disebabkan oleh faktor alam saja melainkan banyak faktor lain seperti karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Pemahaman dan penguasaan wilayah membuat Babinsa Kecamatan Pelalawan Koramil 03/Bunut Kodim 0313/Kpr, Pelda J. Sibarani merasa harus tetap memperhatikan situasi cuaca agar tidak terjadi Karlahut di wilayahnya dengan mengedepankan kewaspadaan.

Berpatroli di areal rawan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Pelalawan yang bekerja sama dengan tim RPK PT. RAPP rutin dilaksanakan demi memastikan areal rawan kebakaran bisa terus terpantau dengan mendatangi areal masyarakat yang akan membuka lahan dengan memperhatikan tingkat kerawanan pengolahan lahan agar resiko kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi sehingga Babinsa terus mengecek areal areal seperti ini demi memastikan keamanan lokasi.

"Kita harus memperhatikan areal pembukaan lahan masyarakat karena kita khawatir terjadi kebakaran akibat banyak ranting kering yang tentunya mudah terbakar," terang Pelda J. Sibarani, Selasa (23/6/2020).

Babinsa menambahkan, kegiatan ini merupakan tugas yang harus dilakukan oleh Babinsa dalam mendukung pemerintah untuk menjaga wilayahnya agar resiko dan bahaya Karlahut dapat diminimalisir sehingga tidak terjadi bencana kebakaran.

"Semoga Kegiatan patroli Karlahut ini bisa menekan angka kebakaran hutan dan lahan untuk tidak terjadi lagi, sehingga Riau bisa terhindar dari asap kabut yang bisa mengganggu kesehatan masyarakat," harapnya. (rilis)


Berita Lainnya

Index
Galeri