PEKANBARU

Meski Terdampak Covid-19, Pendapatan Pajak Daerah Pekanbaru Di Awal Juni Sudah Capai Rp200 Miliar 

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin

Riaurealita.com - Meski Pandemi Covid-19 hantam ekonomi semua kelas masyarakat, namun pendapatan dari pajak daerah di Kota Pekanbaru hingga awal Juni 2020 hampir mencapai Rp200 miliar. Tepatnya dari Januari 2020 hingga 8 Juni 2020 mencapai Rp198 miliar.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin menjelaskan, pandemi memang berdampak untuk semua sektor. Banyak tempat usaha yang menghentikan operasionalnya sementara.

"Saat ini dampak Covid terasa di berbagai sektor masih terasa. Namun Bapenda akan terus mencari celah penghasilan untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pekanbaru," terangnya.

Sekretaris Bapenda Pekanbaru Norpendike Prakarsa Memberi Pengarahan Kepada Tim Bapenda Sebelum Melakukan Tugas

Pria yang disapa Ami mengatakan, memang ada penurunan capaian dari sejumlah sektor pajak daerah. Sektor hotel dan restoran yang paling berdampak dalam kondisi pandemi.

Pendapatan hotel dan restoran menurun drastis. Akibatnya berdampak pada capaian pajak daerah di sektor tersebut. "Dampaknya memang luar biasa untuk sektor usaha, jadi berdampak juga bagi pajak daerah," ulasnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin Saat Memberi Penjelasaan Kepada Pelaku Usaha

Pihaknya tetap optimis bahwa sektor ekonomi bakal beradaptasi dengan kondisi ini. Apalagi pandemi Covid-19 tidak bisa diprediksi hingga kapan berakhir. "Kita berharap kondisi segera normal, apalagi Wali Kota sudah membuat regulasi agar bisa beraktivitas tempat usaha menuju new normal," jelasnya. 

Sementara Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru, Fathullah memahami kesulitan penarikan pajak di situasi merebaknya wabah, namun ia tetap berharap dalam masa transisi pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat Covid-19 menjadi New Normal Bapenda bisa berinovasi dalam meningkatkan pajak daerah.

Sekretaris Bapenda Pekanbaru Norpendike Prakarsa Saat Memberikan Penyuluhan Pajak

"Kita sadari Bapenda Kota Pekanbaru akan kesulitan dalam penarikan pajak. Tapi melihat angka di awal Juni sudah hampir Rp 200 Miliar kita apresiasi. Kita masih yakin Bapenda bisa memenuhi target standar dalam situasi seperti sekarang," sebutnya.

Politisi Partai Gerinda ini juga merencanakan akan memanggil Bapenda Pekanbaru untuk sama-sama berdiskusi dalam mencari celah dalam peningkatan pajak daerah Pekanbaru.

"Dalam waktu dekat kita akan gelar rapat dengar pendapat agar semua bisa kita diskusikan. Karena untuk menggali pajak daerah semua harus di gagas dengan baik," pungkas Fatullah. (Advetorial)



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video