Suhardiman... Insyaallah Kami , Komit Wujudkan Kesejahteraan Pemangku Adat.

Suhardiman... Insyaallah Kami , Komit Wujudkan Kesejahteraan Pemangku Adat.
Suhardiman, tengah berbincang dengan salah seorang pemangku adat di kecamatan Pangean.

TELUKKUANTAN - Jika diberi amanah memimpin Kabupaten Kuansing, Pemuka Masyarakat Kuansing yang juga Bakal Calon (Balon) Wakil Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak MM menegaskan, komitmennya bersama Andi Putra SH MH dalam mensejahterakan ninik mamak atau para pemangku adat yang ada di Kuansing.

Insyaallah, kami berdua sangat berkomitmen untuk mensejahterakan para pemangku adat di daerah ini, tegasnya .

Apalagi Suhardiman Amby yang merupakan putra asli Nagori Inuman yang bergelar Datuak Panglimo Dalam telah sejak menjadi wakil rakyat di DPRD Riau memperlihatkan perhatiannya terhadap para ninik mamak ini 

Satu persatu ninik mamak yang ada di 4 koto hilir, 5 koto di tengah, dan 4 koto di hulu didatanginya. Seluruh ninik mamak di Kuansing. Kali ini, Ia bersilaturrahmi dengan Pangulu Nen Barompek Inuman, Ahad (7/6/2020).

Baik pangulu, menti, malin maupun dubalang. Hingga ke tungganai dan tuo-tuo banjar di seluruh suku. Mereka nantinya akan digaji sesuai kemampuan daerah yang setara dengan gaji BPD saat ini.

"Inilah salahsatu program kita di bidang adat istiadat. Yang tujuannya memfungsikan adat, pemerintah dan agama. Atau disebut tali bapilin tigo. Ini juga dalam upaya mewujudkan Kuansing sebagai negeri bermarwah," kata Suhardiman Amby.

Sebagai orang adat, Datuak Panglimo Dalam memiliki program terhadap para pemangku adat se-Kuansing sesuai dengan fungsinya. Mulai dari Cerenti, Inuman, Pangean, Logas Tanah Darat, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Benai, Sentajo Raya, Kuantan Tengah, Singingi, Singingi Hilir, Gunung Toar, Kuantan Mudik, Hulu Kuantan, dan Pucuk Rantau.

"Ini yang kita suarakan selama ini. Maka, nanti program ini jadi prioritas bagi kami untuk mewujudkan kesejahteraan para pemangku adat ini di Kuansing," katanya.

Sedangkan,  H Ubandi Yusuf, Datuak Topo dari Suku Melayu Nagori Pangean saat ditemui di rumah kediamannya mengakui, bahwa Datuak Panglimo Dalam konsisten dengan rencananya ini.

"Memang, Datuak Panglimo Dalam ini tidak asing lagi bagi kami. Ini ketua kami. Dan program ini sudah lama disampaikannya saat menjadi anggota dewan provinsi. Mudah-mudahan nanti bisa direalisasikan kalau sudah jadi," harapnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri