Babinsa Bersama Babinkamtibmas Patroli Karlahut dan Lakukan Pengecekan Embung

Babinsa Bersama Babinkamtibmas Patroli Karlahut dan Lakukan Pengecekan Embung

PELALAWAN - Koramil 15/Kuala Kampar, Kodim 0313/Kpr, Serma Elfis Idrus dan Babinkamtibmas Polsek Teluk Meranti, Bripka Julizar melaksanakan Patroli Karlahut dan pengecekan air embung yang salah satunya penunjang sumber air untuk pemadaman apabila terjadi kebakaran lahan dan hutan di daerah rawan terbakar Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Senin (1/6/2020).

Kegiatan pengecekan air embung ini perlu dilakukan oleh Babinsa Koramil 15/Kuala Kampar yang merupakan bagian dari tugas kesepsiagaan Karlahut di musim panas, selain itu juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menyirami tanaman di sekitar embung tersebut.

Babinsa melakukan patroli bersama Babinkamtibmas itu bertujuan untuk mengetahui persediaan debit atau kapasitas air di desa binaannya, terutama di saat musim kemarau yang biasanya sangat sulit untuk mendapatkan sumber air. Di samping itu Masarakat Peduli Api (MPA) Desa Pulau Muda juga berperan aktif dalam menangani kebakaran lahan dan hutan.

"Untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan, Babinsa dan Babinkamtibmas melakukan kroscek debit air di sepanjang pembuatan embung. Debit air di embung saat ini masih terlihat cukup, bahkan, dengan kondisi debit air dengan tinggi 50-60 cm masih bisa dikatakan mampu untuk mengatasi apa bila terjadi kebakaran lahan," jelas Babinsa.

Beberapa embung yang ada saat ini, lanjut dia, masih terjaga dan persedian air masih ada untuk menanggulangi apa bila terjadi kebakaran lahan. Selain itu Babinsa juga mensosialisasikan kepada masarakat untuk tidak membakar lahan, apabila melihat lahan yang terbakar segera laporkan kepada petugas yang terkait agar cepat ditanggulangi supaya api tidak meluas.

Babinsa juga mensosialisasikan kepada masrakat tentang bahaya kebakaran lahan terutama bahaya terhadap kesehatan seperti terjangkitnya penyakit ISPA terutama bagi anak-anak juga orang dewasa dan juga berdampak kepada faktor ekonomi. (Rilis)


Berita Lainnya

Index
Galeri