SERBA-SERBI

Ragam Manfaat Minum Coklat: Mulai Tingkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Turunkan Berat Badan

Coklat merupakan bahan makanan yang populer di seluruh dunia. Dapat dipastikan makanan manis ini digemari oleh semua lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa, bahkan lanjut usia.

Bagi sebagian orang, coklat merupakan salah satu simbol kasih sayang. Tak heran banyak orang memberi coklat pada yang mereka cintai seperti pasangan, orang tua, maupun anak.

Ternyata, selain disukai karena rasanya yang khas dan melezatkan, berbagai penelitian pun telah membuktikan bahwa coklat memiliki manfaat yang cukup berlimpah bagi kesehatan. Berikut sederet manfaat minum coklat yang dapat kami rangkum:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Coklat mengandung antioksidan yang dikenal dengan flavonoid. Jumlah antioksidan ini disebut tiga kali lebih banyak ketimbang yang ditemukan dalam teh hijau. Flavonoid bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Antioksidan ini juga bermanfaat untuk menjaga berat badan dan mencegah kanker.

Meningkatkan Daya Kerja Otak

Penelitian menunjukkan bahwa minum coklat panas bisa membantu meningkatkan kekuatan, daya ingat serta meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Kandungan flavonoid yang terkandung dalam coklat bisa membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Mengkonsumsi coklat juga bisa meningkatkan fungsi kognitif.

Meningkatkan Mood

Coklat juga memiliki efek positif terhadap suasana hati. Coklat panas membantu melepaskan hormon yang membuat tubuh merasa nyaman dan bahagia. Coklat mengandung kafein sebagai penambah energi, memicu serotonin yang meningkatkan mood atau suasana hati, dan tritophan yang membantu memberi perasaan tenang, mengurangi stres, kecemasan dan depresi.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Flavonoid yang hadir dalam secangkir coklat panas dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini dilakukan dengan menurunkan tekanan darah yang akan meningkatkan kesehatan pembuluh darah Anda.

Meningkatkan Energi Tubuh

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of the International Society of Sports Nutrition, coklat mampu menyuplai ketersediaan oksigen dalam darah dalam tubuh. Jadi, minum coklat panas juga dapat meningkatkan energi, terutama jika saat melakukan kegiatan fisik seperti berolahraga.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Menyeruput secangkir coklat panas yang telah dicampur dengan susu rendah lemak dapat memberi cukup kalori yang akan membuat Anda tetap aktif, sehingga akan mengurangi kebutuhan untuk asupan makanan tambahan hingga akhirnya Anda dapat dengan mudah menurunkan berat badan. ***



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video