Duar! Tubuh Korban Beterbangan di Udara, Potongan Tubuh Berserakan di Area Parkir

Duar! Tubuh Korban Beterbangan di Udara, Potongan Tubuh Berserakan di Area Parkir
Petugas berkerumun di lokasi ledakan di sebuah taman di Lahore, Pakistan, Senin (28/3). (reuters)
LAHORE -  Minggu (27/3/2016)  malam waktu setempat, bom berdaya ledak tinggi pecah di sebuah taman di kota Labore, Pakistan. Lidah api yang dipicu ledakan itu melampaui pepohonan di taman. Tubuh korban terpental dan berterbangan di udara.
 
Hingga Senin pagi ini, jumlah korban yang dilaporkan tewas mencapai 69 orang. Namun, kemungkinan bisa bertambah. Di antara hampir 200 korban terluka, banyak yang berada dalam kondisi kritis karena terkena luka bakar serius dengan kondisi badan cacat.
 
Hasan Imran (30), warga di sekitar lokasi ledakan, baru saja melangkah keluar dari taman itu ketika ledakan terjadi.  "Ketika ledakan terjadi, api membubung tinggi melampaui pepohonan di dalam taman. Saya melibat tubuh-tubuh (korban) beterbangan di udara," katanya.
 
Beberapa saksi mata lagi mengatakan, potongan tubuh, kaki, tangan, dan kepala, berserakan di area parkir. Ledakan ledakan dasyat itu juga terdengar ke seantero wilayah kota Lahore, ibu kota Provinsi Punjab, Pakistan timur itu.
 
Orang-orang panik, histeris, terpisah dari keluarganya. Anak-anak terpisah dari orangtuanya.
 
Regu penolong , petugas medis, dan ambulans  yang tiba di lokasi kejadian juga panik melihat begitu banyak korban tewas dan terluka. Semua rumah sakit dalam siaga darurat tinggi.
 
Saat terjadi ledakan, taman Gulshan-e-Iqbal itu sedang padat oleh pengunjung, umumnya keluarga-keluarga yang sedang menikmati liburan. Sebagian besar di antaranya adalah keluarga Kristen yang sedang merayakan hari Minggu Paskah.
 
Menurut petugas keamanan dan saksi matan, korban ledakan itu umumnya anak-anak dan perempuan. 
 
“Sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak,” kata Inspektur Polisi Mustansar Feroze, petugas yang sedang berada di lokasi kejadian.
 
Titik ledakan berada di gerbang masuk taman Gulshan-e-Iqbal, yang di sekitarnya merupakan area parkir padat kendaraan. Juga tidak jauh dari area bermain anak-anak.
 
Salah satu faksi kelompok Taliban Pakistan, Jamaat-ul-Ahrar, menyatakan telah melakukan serangan itu.  Juru bicara kelompok itu mengatakan, mereka sengaja menargetkan komunitas Kristen.
 
Tariq Fatimi, penasehat perdana menteri Pakistan mengatakan, serangan ini adalah kejahatan yang mempengaruhi semua kemanusiaan, apakah di Lahore, Peshawar, Brussels, ataupun Paris.
 
Presiden Pakistan Mamnoon Hussain dan Perdana Menteri Nawaz Sharif mengecam ledakan bom tersebut. Mereka meminta polisi melakukan penyelidikan menyeluruh, serta memburu faksi Taliban yang bertanggung jawab atas ledakan yang diduga akibat bom bunuh diri itu. (max/kcm)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri