Babinsa Koramil 07/Kuantan Hilir Dim 0302/Inhu Korem 031/Wirabima Sertu Darmanto, Komsos Dengan Tokoh Adat Dan Masyarakat Desa Bumi Mulya.

Babinsa Koramil 07/Kuantan Hilir Dim 0302/Inhu Korem 031/Wirabima Sertu Darmanto, Komsos Dengan Tokoh Adat Dan Masyarakat Desa Bumi Mulya.

 

TELUKKUANTAN-Pentingnya peran serta Babinsa dalam pemberdayaan wilayah, tidak lepas dari kemampuan pengetahuan Babinsa untuk menguasai dan memahami adat istiadat di suatu wilayah binaannya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 07/Kuantan Hilir Kodim 0302/Inhu Korem 031/Wirabima Sertu Darmanto yang melaksanakan anjang sana dengan Tokoh Adat dan Masyarakat di Desa Bumi Mulya Kecamatan Logas Tanah Darat, Sabtu (25/1/2020).

Komsos ini dengan tujuan untuk menggali tentang budaya dan adat istiadat wilayah yang harus tetap terpelihara serta dilestarikan oleh generasi muda.

Dalam kegiatan Komsos tersebut, Tokoh Adat Tumijan sangat menyambut baik kehadiran Babinsa Koramil 07/Kuantan Hilir tersebut, dan memberikan penjelasan secara menyeluruh tentang sejarah adat istiadat maupun budaya yang digunakan di wilayahnya sehingga dapat dijadikan bahan data oleh Aparat Teritorial khususnya Babinsa untuk senantiasa mematuhi dan menghormati adat istiadat yang berlaku di wilayah binaan dan mengikuti norma-norma budaya yang sudah menjadi kebiasaan warga binaan. 

Dalam penjelasannya, Tokoh Adat Tumijan berharap penuh kepada Babinsa untuk turut serta memberikan pembinaan kepada generasi muda agar turut serta melestarikan budaya dan adat istiadat setempat karena seiring dengan perkembangnya zaman, budaya daerah se akan-akan tergerus oleh maraknya budaya luar yang secara tidak langsung merusak tatanan kehidupan generasi muda di wilayah binaan.

Babinsa Sertu Darmanto senantiasa bersosialisasi dengan tokoh masyarakat khususnya Tokoh Adat yang secara langsung berpengaruh terhadap tatanan kehidupan masyarakat binaan, sehingga Babinsa dapat memiliki pengetahuan yang memadai tentang adat dan budaya masyarakat binaan. 

Selain itu, dengan terbinanya hubungan yang harmonis dengan Tokoh Adat dapat menjadi mitra kerja Babinsa untuk bersinergi dalam membangun kehidupan masyarakat binaan yang berlandaskan budaya dan norma-norma yang telah berlaku di wilayah binaan. 

Di tambahkan pula, bahwa Babinsa harus turut serta berpotensi dan menyatu dengan budaya masyarakat binaan sehingga Babinsa dapat menjadi corong serta teladan di tengah lingkungan masyarakat dalam membangun wilayahnya dengan bermodalkan pemahaman adat istiadat yang baik untuk menjadi pedoman hidup masyarakat binaan, pungkasnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri